Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penyaluran BBM di Jalisum Ditambah 15 Persen

Kompas.com - 24/12/2011, 20:02 WIB
Aufrida Wismi Warastri

Penulis

MEDAN, KOMPAS.com - PT Pertamina (Persero) Marketing and Trading Sumatera Bagian Utara (Sumbagut), menjamin persediaan bahan bakar minyak untuk transportasi dan rumah tangga selama Natal dan Tahun Baru 2012 di wilayah itu mencukupi.

Khusus untuk SPBU di wilayah Jalinsum (Jalan Lintas Sumatera), Pertamina  menambah penyaluran Premium sebesar 15 persen selama H-3 (tiga hari sebelum) Natal hingga H+7 (tujuh hari setelah) Tahun Baru. Pertamina juga memprioritaskan penyaluran di titik jalur wisata seperti Brastagi, Danau Toba, dan Bukittinggi.

Asistant Costomer Relatian PT Pertamina FRM I Sumbagut, Sonny Mirath, di Medan, Sabtu (24/12/2011) ini, mengatakan, Pertamina telah mengambil langkah-langkah persiapan, guna mengantisipasi timbulnya lonjakan pemakaian BBM dan non-BBM.

Berdasarkan evaluasi dari tahun ke tahun, ada kecenderungan peningkatan kebutuhan BBM seperti minyak tanah dan elpiji untuk sektor rumah tangga, premium, pertamax (pertamax plus), dan solar untuk transportasi darat, serta avtur untuk sektor penerbangan. Itu terjadi seiring dengan meningkatnya kebutuhan serta mobilitas masyarakat.

"Berdasarkan data tahun lalu, peningkatan kebutuhan BBM sektor transportasi yaitu premium meningkat pada H-3 Natal sampai dengan H+7 Tahun Baru. Kenaikan sekitar 4 persen dari kebutuhan per hari," tutur Sonny.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com