Pertamina Targetkan Produksi BBM 66,7 Juta KL

Kompas.com - 29/12/2011, 21:18 WIB
|
EditorNasru Alam Aziz

CILACAP, KOMPAS.com -- PT Pertamina (Persero) menargetkan kapasitas produksi bahan bakar minyak pada tahun 2018 mencapai 66,7 juta kilo liter. Hal ini untuk mengurangi ketergantungan impor BBM, sehingga ketahanan energi dapat ditingkatkan.

Direktur Pengolahan PT Pertamina Edi Setianto, Kamis (29/12/2011) di Cilacap, Jawa Tengah, mengemukakan bahwa kapasitas produksi BBM saat ini 41 juta kilo liter (kl) per tahun. Pihaknya menargetkan, kapasitas produksi BBM meningkat menjadi 66,7 juta kl per tahun pada 2018. Rinciannya, premium 22,8 juta kl, minyak tanah 5,3 juta kl, solar 29,2 juta kl, dan avtur 9,4 juta kl.

Untuk itu, Direktur Utama PT Pertamina Karen Agustiawan menjelaskan perseroan itu merencanakan pembangunan sejumlah proyek kilang. Beberapa proyek itu terdiri dari pembangunan dua kilang baru dan peningkatan mutu produksi.

"Kami berupaya memperbaiki bisnis kilang, agar mampu meningkatkan margin," kata Karen.

Hal itu dilakukan melalui strategi bisnis kilang yang fokus dalam mengeksekusi proyek untuk mendukung langsung operasi kilang. Salah satunya, proyek pemanfaatan residu menjadi gasoline atau bahan bakar dengan angka oktan tinggi (residual fluid catalytic cracking/RFCC) Kilang Cilacap, yang mulai digarap pada Rabu (21/12/2011). Proyek dengan nilai investasi 1,4 miliar dollar AS itu diperkirakan beroperasi secara komersial akhir tahun 2014.



Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X