Foke Jamin Tol Bandara Tak Kebanjiran Tahun Ini

Kompas.com - 12/01/2012, 21:30 WIB
Penulis Riana Afifah
|
EditorAloysius Gonsaga Angi Ebo

JAKARTA, KOMPAS.com — Tentu warga Jakarta tidak akan pernah lupa dengan peristiwa banjir Jakarta pada 2007 silam. Banjir yang merendam banyak permukiman penduduk di Jakarta ini juga memutus akses menuju Bandar Udara Soekarno-Hatta lantaran tol menuju bandara dipenuhi air.

Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo mengatakan bahwa peristiwa tersebut tidak akan terjadi lagi. Mengingat ruas Tol Prof Dr Sedyatmo menuju ke bandara telah ditinggikan sehingga kecil kemungkinan terlimpas dan berakibat banjir pada tol penghubung ke bandara tersebut.

"Kami menjamin kejadian banjir di tol bandara tahun 2007 tidak terulang lagi tahun ini," kata Foke, sapaan akrab Fauzi Bowo, di Jakarta, Kamis (12/1/2012).

Sebenarnya, selama ini terdapat Pintu Air Tanjungan yang memiliki pompa untuk mengendalikan banjir seputar tol bandara. Pompa tersebut berkapasitas masing-masing empat meter kubik per detik untuk mengendalikan area seluas 385 hektar. Disediakan juga satu genset dengan kapasitas 1.500 kVA oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

"Kapasitas pompanya jauh lebih besar daripada pompa biasa. Jadi, air yang meluncur ke arah tol bandara dapat disedot melalui pompa ini," tutur Foke.

Tidak hanya itu, pihak Pemprov DKI Jakarta juga membangun long storage di sepanjang tol itu bekerja sama dengan Jasa Marga. Fungsinya adalah untuk menampung air jika terjadi hujan, terlebih lagi jika curah hujan meninggi.

"Dengan long storage ini, air atau curah hujan yang turun tidak langsung masuk ke tol, tetapi ditampung di sana," ujarnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.