Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Prospek Ekonomi Baik

Kompas.com - 13/01/2012, 02:54 WIB

Jakarta, Kompas - Bank Indonesia tetap menahan suku bunga acuan atau BI Rate pada posisi 6 persen. Angka ini sudah memperhitungkan tekanan inflasi tahun 2012, yang akan meningkat akibat pembatasan bahan bakar minyak bersubsidi. Prospek pertumbuhan ekonomi Indonesia juga baik

Dewan Gubernur BI yakin, prospek pertumbuhan ekonomi Indonesia tahun 2012 cukup baik, yakni 6,5 persen. Pertumbuhan ini ditopang investasi dan konsumsi rumah tangga yang kuat.

”Pertumbuhan ekonomi domestik sekitar 6,3-6,7 persen pada tahun 2012 dan akan terakselerasi ke kisaran 6,4-6,8 persen pada tahun 2013 seiring membaiknya ekonomi global,” ujar Gubernur Bank Indonesia Darmin Nasution dalam jumpa pers di Jakarta, Kamis (12/1).

BI memasang target inflasi tahun 2012 dan 2013 sekitar 4,5 plus minus 1 persen. Angka ini lebih rendah ketimbang target inflasi tahun 2011 yang mencapai 5 plus minus 1 persen.

Dewan Gubernur berkeyakinan, kebijakan yang bersifat counter-cyclical sangat diperlukan dalam pengelolaan makro-ekonomi. Darmin menjelaskan, kebijakan itu dapat dimaknai dengan langkah antisipatif yang akan diambil Indonesia sehingga pertumbuhan tidak melambat.

”Saat menurunkan policy rate, itu bagian dari counter-cyclical. Dengan bunga lebih rendah, akan dorong kredit untuk pertumbuhan lebih baik,” kata Darmin.

BI menurunkan BI Rate sebesar 25 basis poin (bps) pada Oktober 2011 dan 50 bps pada November 2011.

Investasi

Peringkat utang Indonesia yang jadi investment grade atau layak investasi sejak akhir tahun lalu diyakini akan mendorong investasi ke Indonesia. Deputi Gubernur BI Halim Alamsyah menyebutkan, foreign direct investment (PMA) yang masuk Indonesia tahun 2011 sebesar 18,7 miliar dollar AS dan dana asing yang masuk ke portofolio pasar keuangan 5,8 miliar dollar AS.

”Diperkirakan tahun 2012, PMA akan naik menjadi 19,1 miliar dollar AS dan portofolio jadi 3,7 miliar dollar AS,” ujar Halim.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com