Istana: Rating Moody's Tunjukkan Indonesia Bukan Negeri Autopilot

Kompas.com - 18/01/2012, 15:20 WIB
Penulis Hindra Liauw
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com — Juru Bicara Kepresidenan Julian Aldrin Pasha mengatakan, langkah lembaga pemeringkat internasional, Moody's Investor Service, yang menaikkan peringkat utang luar negeri Indonesia dari Ba1 ke Baa3 membuktikan bahwa pemerintah telah bekerja dengan optimal. "Penilaian Moody's dan Fitch sebelumnya jelas membuktikan bahwa negara ini dijalankan bukan autopilot," kata Julian kepada Kompas.com, Rabu (18/1/2012).

Seperti diwartakan, Moody, dalam siaran pers, memaparkan empat alasan naiknya peringkat Indonesia, yakni kebijakan keuangan pemerintah yang tetap sejalan dengan peringat Baa, pertumbuhan ekonomi yang kuat terhadap guncangan eksternal, kebijakan dan instrumen yang mampu mengatasi bahaya finansial, dan sistem perbankan yang sehat.

Julian menceritakan, kabar baik ini segera disampaikan Gubernur Bank Indonesia Darmin Nasution kepada Presiden pada Rapat Kabinet Paripurna di Kantor Presiden, Jakarta, Rabu. "Tadi ada breaking news di sidang kabinet. Bapak Presiden mempersilakan Gubernur BI mengumumkan kepada peserta sidang bahwa Moody's telah menaikkan Indonesia's debt rating menjadi investment grade," kata Julian.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.