Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wagub Jatim Prihatin Pilot Pakai Sabu

Kompas.com - 04/02/2012, 17:39 WIB

SURABAYA, KOMPAS.com - Wakil Gubernur Jawa Timur, Saifullah Yusuf menyatakan prihatin dengan kasus tertangkapnya pilot pemakai sabu di Garden Palace Hotel Surabaya.

"Tentu kami sangat prihatin dengan kasus pilot yang menggunakan sabu. Sebab sangat berbahaya dan mengancam keselamatan penumpang kalau sampai terjadi apa-apa ketika terbang," ujar Saifullah Yusuf ketika dikonfirmasi, Sabtu (4/2/2012).

Badan Narkotika Nasional menggerebek seorang pilot dari maskapai penerbangan Lion Air yang kedapatan mengisap sabu, Sabtu sekitar pukul 03.30 WIB. Pilot yang ditangkap berinisial SS (44), warga Serpong. Dari tangannya, petugas menyita barang bukti satu paket sabu seberat 0,4 gram yang sudah dikemas siap pakai.

Menurut Saifullah, yang akrab disapa Gus Ipul, pekerjaan sebagai pilot seharusnya bisa melindungi dan membuat nyaman penumpang, bukan malah sebaliknya dengan mengancam keselamatan dengan mengonsumsi sabu.

"Kalau sering kejadian seperti ini, maka penumpang pesawat akan khawatir. Tentu ini tidak membuat nyaman dan mempengaruhi penumpang," katanya.

Untuk itu Saifullah mengimbau kepada semua maskapai penerbangan untuk lebih memperhatikan pilot maupun awak pesawatnya, terutama yang berkaitan dengan narkoba. Di samping itu, pemeriksaan lebih ketat terhadap pilot di bandara juga harus lebih intensif.

"Jangan hanya penumpang saja yang melewati pemeriksaan ketat. Kalau perlu, pilot juga harus diperiksa. Khawatir kasus seperti ini terulang dan berharap ini adalah kali terakhir," kata mantan Ketua Umum GP Ansor itu.

Penggerebekan terhadap SS merupakan pengembangan dari penangkapan seorang pilot dari maskapai penerbangan yang sama di Makassar pada Januari 2012.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com