AS Kucurkan 15 Juta Dollar AS untuk Pertanian Indonesia

Kompas.com - 08/02/2012, 11:18 WIB
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - US Agency for International Development (USAID) akan mengucurkan dana sebesar 15 juta dollar AS dalam bentuk program Pasar Agribisnis dan Aktivitas Pendukung (AMARTA II) bagi pengembangan sektor pertanian Indonesia. Program ini rencananya akan diluncurkan pada akhir Februari atau awal Maret 2012 .

"Jadi ketika Presiden Obama mengunjungi Indonesia, beliau sepakat dengan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, bahwa beliau akan melakukan upaya dalam keamanan pangan dan produksi agrikultur," ucap Duta Besar AS untuk Indonesia, Scot Marciel, di acara Jakarta Food Security Summit, Jakarta, Rabu ( 8/2/2012 ).

Dalam upaya menjaga keamanan pangan dan meningkatkan produksi pangan, terang Scot, kedua negara akan mengupayakan para ilmuwan, perusahaan juga ofisial pemerintah duduk bersama dan berdiskusi bagaimana berbagi teknologi dan informasi. "Dan yang termasuk kita lakukan adalah US Agency for International Development berinvestasi pada sektor pertanian di sini senilai 15 juta dollar AS," tambah dia. Dengan tujuan utama yakni membantu pengusaha pertanian juga pemerintah Indonesia untuk meningkatkan produksi pangan.

Program lima tahunan ini akan fokus kepada pengembangan produksi komoditas bernilai tinggi seperti komoditas coklat, kopi dan hortikultur, memperluas akses masyarakat pedesaan dalam mendapatkan kredit dan memberikan advokasi kepada para petani.



Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X