Lion Air Tandatangani Kontrak Pembelian 230 unit Boeing

Kompas.com - 14/02/2012, 18:08 WIB
|
EditorMarcus Suprihadi

SINGAPURA, KOMPAS.com- Sebagai kelanjutan penandatanganan Nota Kesepahaman tertanggal 18 November 2011 di Bali antara Lion Air dengan Boeing Company, Selasa (14/2/2012) ini, di Bandara Changi Singapura bertepatan dengan Singapore Air Show telah dilangsungkan penandatangan kontak pengadaan 230 unit pesawat tipe 737.

Penandatangan kontrak pengadaan dilakukan oleh Rusdi Kirana selaku Direktur Utama Lion Air dengan Dr. Dinesh A. Keskar selaku Vice President Sales, Asia-Pacific and India, dalam hal ini mewakili Boeing Company. Penandatanganan tersebut juga disaksikan langsung oleh Direktur Jenderal Perhubungan Udara Herry Bakti S. Gumay.

Pesawat yang dibeli, terdiri dari 29 unit pesawat tipe 737-900ER dan 201 unit pesawat tipe 737 MAX yang merupakan tipe terbaru dari pesawat 737 series.

Pesawat 737 MAX merupakan pengembangan dari 737 series, baik dari segi teknologi pesawat maupun dari segi efisiensi biaya operasionalnya. Pesawat 737 MAX dibangun dan dibuat berdasarkan kekuatan atau keberhasilan pemasaran pesawat 737 Next Generation.

Pesawat tersebut dibuat berdasarkan penggabungan teknologi terbaru dibidang penerbangan yang disertai dengan perbaikan lain untuk memberikan tingkat efisiensi yang maksimal untuk semua level, kehandalan, kenyamanan dan daya tarik untuk penumpang.

Sebanyak 29 unit pesawat tipe 737-900ER merupakan penambahan dari 178 unit pesawat, yang telah dipesan dan saat ini telah dioperasikan sebanyak 57 unit pesawat dan hingga akhir tahun 2012 akan berjumlah 79 unit pesawat.

Dengan demikian, hingga akhir tahun ini Lion Air akan mengoperasikan 89 unit pesawat Boeing 737-900ER. Sementara itu, pesawat Boeing 737 MAX akan mulai diterima dan dioperasikan oleh Lion Air pada tahun 2017.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.