Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
PERBANKAN

Maybank Ajukan Perpanjangan Batas Waktu

Kompas.com - 25/02/2012, 02:59 WIB

KUALA LUMPUR, KOMPAS - Maybank masih menunggu harga saham Bank Internasional Indonesia naik sampai minimal pada level Rp 510 per lembar. Sepanjang harga saham masih di bawah level tersebut, Maybank akan mengajukan perpanjangan batas waktu untuk menurunkan kepemilikan sahamnya sampai dengan 80 persen.

Maybank yang berkantor pusat di Malaysia memiliki hampir 98 persen saham Bank Internasional Indonesia (BII).

Sementara peraturan Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan (Bapepam-LK) mengharuskan kepemilikan saham sebuah perusahaan atas perusahaan publik yang diakuisisinya tidak boleh melebihi 80 persen.

”Kami dapat perpanjangan dari Bapepam-LK selama 6 bulan ke depan sampai dengan Juni. Kami sedang mencari cara bagaimana bisa melepas saham sampai kepemilikan saham kami turun menjadi sebesar 80 persen. Tetapi, kondisi pasar tidak mengizinkan kami untuk melakukannya,” kata Deputi Presiden dan CFO Khairussaleh Ramli dalam keterangan pers di Kuala Lumpur, Malaysia, seperti dilaporkan wartawan Kompas FX Laksana Agung, Kamis (23/2).

Harga saham BII saat dibeli Maybank adalah Rp 510 per lembar. Sementara harga terakhir di bursa adalah Rp 415 per lembar.

Berdasarkan persetujuan dari Bapepam-LK, Khairussaleh melanjutkan, Maybank bisa memperpanjang pelepasan saham sepanjang perhitungan penjualan saham BII akan merugikan Maybank. Namun, Maybank akan aktif mencari kesempatan untuk melepas saham BII sebagaimana ketentuan yang berlaku.

”Saya tidak bisa memperkirakan kapan 20 persen saham akan dilepas karena harga saham di bursa selalu berfluktuasi,” kata Presiden dan CEO Maybank Dato Sri Abdul Wahid Omar menambahkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com