Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lewat SMS, Pak Menteri Pesan Esemka ke Jokowi

Kompas.com - 25/02/2012, 18:24 WIB
M.Latief

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pekerjaan Umum (PU) Djoko Kirmanto memesan satu mobil Esemka kepada Wali Kota Surakarta, Joko Widodo. Djoko memesannya lewat layanan pesan singkat (SMS), Sabtu (25/2/2012) sore tadi.

"Jam tiga tadi saya mendapat SMS dari Menteri PU, yang mengatakan beliau ingin memesan mobil Esemka untuk dipakai rapat. Beliau ingin agar mobil segera dikirim ke Jakarta begitu produksi mulai dilakukan," kata Joko Widodo yang akrab dipanggil Jokowi di Kantor Perum LKBN Antara, Jakarta.

Jokowi mengatakan, pemesanan dari salah satu menteri tersebut merupakan bukti dukungan pemerintah kepada kehadiran mobil buatan anak negeri ini. Jokowi tiba di Wisma Antara mengendarai mobil Kiat Esemka Rajawali jenis SUV (Sport Utility Vehicle) karya anak-anak SMK Negeri 2 Solo bernomor polisi AD 1 A. Dia datang beserta Kepala SMK 2 Surakarta Susanta dan anggota DPR RI Roy Suryo.

Selanjutnya, mobil Esemka tersebut akan menjalani uji emisi di Balai Thermodinamika Motor dan Propulsi (BTMP) milik Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), Serpong, Tanggerang Selatan, awal pekan depan. Jokowi menyatakan, dirinya yakin mobil Esemka akan lulus uji emisi tersebut karena mobil ini telah berkali-kali diuji coba.

"Saya optimistis, mobil ini lolos uji emisi karena nyatanya sampai Jakarta mobil baik-baik saja dan tidak ada kendala," kata dia.

Hal tersebut dibenarkan oleh Roy Suryo yang menjadi supir mobil Esemka dalam perjalanan dari Solo menuju Jakarta.

"Saya menyupir bergantian dengan Wakil Wali Kota Surakarta, F.X. Hadi Rudyatmo. Semuanya berjalan lancar, bahkan di tol Semarang, saya bisa menggeber mobil ini lebih dari 125 km per jam. Dan, mobil tetap stabil, tidak ngleyang," kata Roy, yang melalui rute antara lain Alas Roban, Kendal, ringroad Salatiga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com