PLN dan Garuda Kerja Sama dalam Pemeliharaan

Kompas.com - 27/02/2012, 17:42 WIB
|
EditorAgus Mulyadi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) dan Garuda Maintenance Facility Aero Asia (PT GMF AeroAsia), anak perusahaan Garuda Indonesia, sepakat saling bekerja sama dalam pemeliharaan materian pembangkit listrik.

Kerja sama ini dilakukan, agar para ahli mesin PLN bisa lebih fokus pada operasi dan pemeliharaan pembangkit.

Naskah Master of Agreement (MoA) antara PLN dengan GMF ditanda tangani Direktur Pengadaan Strategis PLN Bagiyo Riawan, Direktur Utama PT Indonesia Power (IP) Djoko Hastowo, dan Direktur Utama  PT Pembangkitan Jawa Bali (PJB) Susanto Purnomo, dengan Direktur Utama PT GMF Richard Budihadianto, Selasa (27/2/2012), di Kantor Pusat PLN, Jakarta.  

IP dan PJB merupakan anak perusahaan PLN yang mengoperasikan, memelihara, dan merawat mesin-mesin pembangkit listrik milik PLN.

Direktur Utama PLN, Nur Pamudji, menyatakan, dalam kerja sama PLN-Garuda Indonesia ini, yang terpenting bagi PLN adalah mencari mitra yang mampu melaksanakan pemeliharaan pembangkit dengan baik.

"Setelah kami mengecek prosedur pengadaan spare part dan kemampuan workshop yang dilaksanakan GMF, kami yakni GMF adalah mitra handal untuk memelihara pembangkit PLN," kata Nur.

"Manfaat yang didapat PLN dari kerja sama ini adalah PLN mendapatkan partner  yang mampu melaksanakan pemeliharaan dengan baik. Di samping itu juga untuk simplifikasi  proses pengadaan, sehingga enginer PLN dapat lebih fokus pada operasi dan pemeliharaan pembangkit," kata Nur Pamudji.

Melalui kesepakatan kerja sama itu,  PLN akan menggandeng GMF dalam usahanya untuk merekondisi dan merawat mesin pembangkit listrik yang membutuhkan jasa perawatan, perbaikan, overhaul, dan pengujian mesin pembangkit listrik termasuk gas turbine engine.

GMF adalah perusahaan yang bergerak dalam industri jasa perawatan pesawat terbang, engine pesawat terbang, dan gas turbine engine dan/atau turbine engine lain, serta memiliki kemampuan dalam perawatan, perbaikan dan overhaul gas turbine engine, serta memiliki fasilitas pendukungnya.

Kesepakatan awal ini sebagai dasar untuk menyusun kerja sama yang lebih rinci lagi, terkait pelaksanaan pekerjaan perawatan, perbaikan overhaul dan pengujian mesin pembangkit listrik, sehingga diperoleh sinergi antar BUMN dan Anak Perusahaan BUMN yang saling menguntungkan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.