GMF Pertahankan Sertifikasi EASA

Kompas.com - 27/02/2012, 22:00 WIB
|
EditorAgus Mulyadi

JAKARTA, KOMPAS.com — Otoritas penerbangan sipil Uni Eropa, European Aviation Safety Agency (EASA) menyatakan, PT GMF Aero Asia sebagai organisasi  perawatan pesawat memenuhi standar mutu yang dipersyaratkan dalam regulasi EASA Part 145.

Kesimpulan ini disampaikan saat debriefing oleh dua auditor EASA, Bruno Faucher dan Emmanuel Heugas, setelah melakukan audit fasilitas GMF, 20-24 Februari 2012.

”Hasil audit ini menegaskan untuk ke sekian kalinya, GMF mampu memenuhi seluruh persyaratan EASA,” kata Ganis Kristanto, VP Quality Assurance and Safety PT GMF AeroAsia di Cengkareng, Jakarta Barat, Senin (27/2/2011), dalam surat elektroniknya. 

Dalam exit meeting yang berlangsung pada 24 Februari 2012, auditor EASA memastikan tingkat kepatuhan terhadap sistem dan prosedur seluruh butir dalam daftar audit telah dapat dibuktikan.

Audit yang dilakukan EASA selama lima hari penuh mencakup seluruh aspek perawatan pesawat, seperti quality system & procedures, personnel record, mandatory training, tools & equipment, facility, material, maintenance data, maintenance record, dan certification of maintenance.

Selain memeriksa semua butir yang masuk daftar audit, auditor juga melihat langsung proses perawatan pesawat yang dilakukan GMF di Hangar 1, 2, dan 3, terutama maskapai yang berada di bawah otorisasi EASA.

Menurut Ganis Kristanto, audit kali ini berlangsung sangat ketat, detail, dan mendalam. Para auditor EASA mengaudit semua peringkat yang dimiliki GMF. Tahun ini  auditor EASA lebih memfokuskan auditnya ke certifying staff personnel karena terkait persyaratan baru EASA.  

”Secara umum hasil audit bagus meski ada beberapa catatan dan rekomendasi yang segera ditindaklanjuti oleh GMF,” katanya.

Ganis mengatakan, hasil audit yang dicapai menunjukkan perkembangan signifikan GMF dalam menjaga dan meningkatkan mutu perawatan sesuai standar internasional.

”Hasil audit menunjukkan kemampuan GMF AeroAsia dalam mempertahankan certificate of approval EASA yang diraih sebelumnya,” kata Ganis.

Ganis menambahkan, meski GMF dinilai telah memenuhi standar mutu perawatan otoritas penerbangan sipil Eropa, tetap harus dilakukan perbaikan secara terus-menerus. EASA mengapresiasi GMF telah menjalankan regulasi EASA Part 145 dengan baik sehingga dalam audit setahun sekali ini GMF dinyatakan lulus dan memenuhi kualifikasi yang dipersyaratkan.

Hasil audit ini tentu sangat penting bagi GMF dalam rangka masuk ke pangsa pasar luar negeri. ”Dengan hasil audit ini, kami makin yakin karena memiliki modal penting memasuki pasar Eropa,” kata Ganis.

Konsistensi GMF dalam menjalankan regulasi EASA akan menjadi nilai tambah dalam pengembangan pasar GMF, baik di kawasan regional maupun global.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.