Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kisah Li Ka-shing, Orang Terkaya se-Asia

Kompas.com - 08/03/2012, 15:24 WIB
Ester Meryana

Penulis

KOMPAS.com Majalah Forbes kembali merilis orang-orang terkaya sejagat. Satu-satunya orang Asia yang masuk dalam jajaran sepuluh besar orang terkaya di dunia adalah Li Ka-shing. Kekayaan Li tercatat Forbes sebesar 25,5 miliar dollar AS. Pria yang berumur 83 tahun ini adalah Chairman Hutchison Whampoa Limited.

Menurut catatan Forbes, Li bertempat tinggal di Hongkong. Ia merupakan orang terkaya nomor sembilan di dunia. Bahkan, ia juga terdaftar sebagai orang yang paling berpengaruh ke-44 di dunia. Kembalinya Li ke jajaran sepuluh besar orang terkaya di dunia adalah yang pertama kali sejak tahun 2007.

Pertama kali ia tercatat sebagai orang terkaya di Asia pada tahun 2004 sekalipun waktu itu kekayaan bersihnya turun sebesar 500 juta dollar AS. Salah satu bisnisnya pun mempekerjakan 270.000 orang di 53 negara. Hutchison Port Holdings miliknya mengelola sekitar 13 persen dari trafik kontainer dunia.

Baru-baru ini ia mengakuisisi Northumbrian Water, yakni penyedia air bersih untuk minum kepada 4,5 juta orang di Inggris. Tidak tanggung-tanggung, ia juga berbisnis layanan pembuangan kotoran yang melayani sekitar 2,7 juta penduduk. Li juga berinvestasi di Facebook dan Spotify.

Untuk diketahui saja, Li tidak menyelesaikan pendidikannya. Alasan dia keluar dari sekolah ketika berumur 12 tahun adalah untuk membantu keluarganya. Sepuluh tahun kemudian, Li pun memulai bisnisnya sendiri dengan membuat mainan. Ia pun terkenal sebagai pribadi yang dermawan. Ia punya yayasan yang hingga kini telah mendonasikan uang sebesar 1,6 miliar dollar AS. Kebanyakan donasinya itu untuk sektor pendidikan dan penelitian kesehatan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com