Sukanto Tanoto Kembangkan Bisnis hingga Brazil

Kompas.com - 16/03/2012, 08:17 WIB
|
EditorErlangga Djumena

KOMPAS.com - Konglomerat Raja Garuda Emas, Sukanto Tanoto, tercatat sebagai orang terkaya kelima di Indonesia versi Forbes. Catatan kekayaan bersihnya ditaksir mencapai 2,8 miliar dollar AS per Maret ini. Pria yang kini bertempat tinggal di Singapura ini memiliki aset hingga 12 miliar dollar AS.

Kekayaannya tersebut diperoleh dari sejumlah usaha. Sukanto merupakan pemilik perusahaan Asia Pacific Resources International Ltd (APRIL) yang bergerak di bidang industri kertas.

Ia juga mempunyai perusahaan minyak sawit Asian Agri. Operasi perusahaannya tidak sekadar berekspansi di dalam negeri. Dengan perusahaan di bidang agribisnisnya, Sukanto merambah China dan Brazil. Perusahaan Pacific Oil & Gas miliknya pun baru-baru ini mengumumkan untuk meluncurkan proyek LNG (Liquid Natural Gas). Sebuah proyek yang bekerja sama dengan dua mitra China, di Provinsi Jiangsu, China.

Untuk diketahui saja, pria yang tercatat sebagai anggota Asia Executive Advisory Board of Wharton dan Insead International Council ini tidak menyelesaikan pendidikannya saat berumur 17 tahun. Ia tidak melanjutkan studinya untuk membantu keluarganya. Bahkan kemampuan berbahasa Inggris tidak diperolehnya dari pendidikan formal.

Ia belajar bahasa utama di dunia itu secara otodidak dengan menerjemahkan media Readers' Digest, Life dan Newsweek.

Baca tentang


    Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X