Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ekspor Pelumas Pertamina Naik 77 Persen

Kompas.com - 24/03/2012, 18:55 WIB
Evy Rachmawati

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Realisasi ekspor pelumas PT Pertamina selama Januari tahun ini melonjak 77 persen dibandingkan periode sama tahun sebelumnya. Hal ini menyusul kian gencarnya ekspansi pasar yang dilakukan perseroan tersebut.

Realisasi penjualan ekspor pelumas, baik berupa penjualan curah maupun produk akhir, pada bulan pertama 2012 mencapai 11.500 kiloliter (KL) atau 36 persen di atas target pada bulan berjalan. Melihat tren bulanannya, realisasi itu lebih tinggi 77 persen dibandingkan realisasi ekspor Januari 2011 yang mencapai 6.500 KL.

"Kami akan terus menggenjot kinerja ekspor selain tetap mempertahankan penguasaan pasar domestik," kata Wakil Presiden Komunikasi Korporat PT Pertamina (Persero) Mochamad Harun, dalam siaran pers, Sabtu (24/3/2012), di Jakarta.

Seperti diketahui, Pelumas Pertamina telah merambah pasar di 20 negara dalam empat tahun terakhit. Baru-baru ini Pelumas Pertamina menggandeng Harvest Time Enterprises untuk masuk ke pasar West Australia yang diharapkan bisa memperkuat kontribusi penjualan pelumas dari pasar Australia, setelah sejak 2009 Pelumas Pertamina hadir di East Australia.

Sementara itu, penjualan pelumas ke pasar domestik, baik retail maupun industri. Realisasi penjualan Pelumas Pertamina di pasar domestik meningkat sekitar 7,4 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

"Dengan pencapaian ini, kami optimistis dapat mempertahankan pangsa pasar pelumas di Tanah Air tetap di level 60 persen," kata Harun.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com