Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Garuda Incar Pasar "Perintis"

Kompas.com - 13/04/2012, 18:56 WIB
M Suprihadi

Penulis

TOKYO, KOMPAS.com - Garuda Indonesia mengincar pasar domestik ke kota kota kecil di indonesia yang selama ini menjadi pasar penerbangan perintis. Pasar domestik ke kota kecil di kawasan timur Indonesia dan Sumatera itu dinilai potensial secara ekonomi meski jumlah penumpangnya tidak besar (high yield low density).

"Karena itu, kami akan mengoperasikan pawat pesawat kecil di daeraah itu," kata Direktur Utama PT Garuda Indonesia Emirsyah Satar dalam konferensi pers berkait dengan 50 tahun penerbangan ke Jepang yang berlangasung Jumat (13/4/2012) petang tadi di Tokyo, Jepang.

Wartawan Kompas M Suprihadi melaporkan dari Tokyo, saat ini Garuda sudah memesan 18 pesawat Bombardier CRJ-1000 dengan kapasaitas kurang lebih 100 penumpang.

Vice President Corporate Comuniction PT Garuda Indonesia Pujobroto menambahkan, Garuda bahkan akan menambah pesanan baru Bombardier sebanyak 18 lagi. "Jadi totalnya akan mencapai 36 pesaawat baru," kata Pujobroto seusai konferensi pers yang juaga dihadiri Vice President Region Jepang, Korea, China dan AS Faik Fahmi, serata Vice Prezident Marketing and Sales M Arif Wibowo itu.

Menurut Pujobroto, pesawat pesawat kecil itu akan ditempatkan di Makassar dan Baliakpapan untuk melayani penerbangan di Indonesiaa bagian timur, dan Medan untuk melayani penerbangan di daeraah Sumatera.

Apakaha itu tidak berarti Garuda merebut pasar Merpati yang selama ini melayani penerbangan perintis, Pujobroto menjawab bahwa yang paling penting adalah bagaimana Garuda meningkatkan kualitas pelayanan. "Pada aakhirnya masyarakat yang akan menentukan pilihannya," kata Pujobroto.

Air bus Selain pesawat kecil, Garuda juga sedang berenacana mdnambah pesawat berbadan besar A330-300 setelah sebelumbya suah memesan 10 Boeing 777-300 ER. "Jumlahnya 11 lagi.

Pesawat baru A-330-300 itu nantinya akan melayNi penerbangan regional seperti ke Jepang, Korea, China, Sngapura, Hogkong. Sedangkan Boeing 777-300 ER akan menerbangi rute rute panjang ke Eropa seperti Londosn, Amsterdam, Frankafurt, Paris, dan Italia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com