Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ikuti Wall Street, IHSG Cenderung Melemah

Kompas.com - 16/04/2012, 09:31 WIB
Anastasia Joice

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Indeks Harga Saham Gabungan di Bursa Efek Indonesia hari ini, Senin (16/4/2012), diperkirakan melemah. Pelemahan ini seiring dengan  turunnya indeks bursa Wallstreet pada akhir pekan lalu.  

Analis Semesta Indovest dalam catatannya menyebutkan, kecenderungan  IHSG melanjutkan tren melemah terlihat dari beberapa indikator teknikal yang menurun.

Bursa Wallstreet kembali ditutup anjlok pada perdagangan Jumat lalu dengan indeks Dow Jones merosot 136,99 poin atau 1,05 persen, S&P 500 turun 1,25 persen, dan Nasdaq melemah 1,45 persen. Hal ini membawa indeks bursa AS mencetak pelemahan mingguan terburuk dalam tahun ini.

Pelemahan indeks dipicu oleh kabar dari Eropa dan China. Bank-bank Spanyol diketahui meminjam secara besar-besaran dari Bank Sentral Eropa (ECB) yang mencerminkan sulitnya perbankan tersebut mencari pendanaan, sementara itu pertumbuhan ekonomi China pada kuartal pertama dilaporkan melambat. Akan tetapi, pelaku pasar mempercayai akan ada kebijakan moneter longgar lanjutan untuk menggenjot pertumbuhan.

Dari data ekonomi, sentimen konsumen  melemah pada bulan Maret. Saham-saham perbankan seperti Bank of America dan JP Morgan memimpin pelemahan. Bursa Eropa ditutup melemah terimbas kekhawatiran pada kondisi ekonomi negara zona euro terutama pada Spanyol dan Italia dan juga merespon turunnya data sentimen konsumen  AS. Indeks FTSE turun 1,03 persen.  

Catatan dari eTrading menyebutkan, IHSG diperkirakan akan bergerak mixed dan cenderung melemah mengikuti pergerakan bursa global  pada kisaran 4.130-4.193 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com