Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BI Belum Setujui Akuisisi Danamon

Kompas.com - 18/04/2012, 11:20 WIB
Ester Meryana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Pengawasan II Bank Indonesia Endang Kussulanjari Tri Subari, mengatakan, Bank Indonesia belum menyetujui rencana DBS Group mengambil alih saham milik Asia Financial (Indonesia) di PT Bank Danamon Tbk (BDMN). Pasalnya, rencana tersebut tidak masuk ke rencana bisnis kedua bank.

"Kita pengarah ini kan informasinya dari rencana bisnis ya. Di rencana bisnis dua bank itu tidak ada. Kita sudah menanyakan ada corporate action atau tidak ternyata memang tidak ada," sebut Endang, seusai menghadiri seminar keuangan terkait Otoritas Jasa Keuangan (OJK), di Hotel Borobudur, Jakarta, Rabu (18/4/2012).

Ia mengatakan, sejauh ini BI belum menyetujui rencana bank asal Singapura tersebut. Keputusan BI tersebut didasarkan karena rencana pengambilalihan saham milik Asia Financial oleh DBS Group tidak masuk dalam rencana bisnis baik DBS maupun Danamon. Sekalipun tidak masuk ke dalam rencana bisnis, Endang mengatakan, BI belum berpikir untuk memberikan sanksi. "Tidak (ada sanksi). Kita kan selalu meneliti rencana bisnis itu apakah ada rencana yang strategis," tegas dia.

Endang pun menyebutkan, kedua bank masih punya kesempatan untuk meninjau ulang rencana bisnisnya. "Ya mereka harus masukkan. Kalau ada yang strategis seperti itu mereka harus masukkan," ucapnya. "Kita belum ke arah sanksi ya," pungkas Endang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com