RAPP Pamerkan Pengukur Emisi CO2 di Pameran Perubahan Iklim

Kompas.com - 20/04/2012, 07:12 WIB
|
EditorRobert Adhi Ksp

PEKANBARU, KOMPAS.com - Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) mengikuti Pameran ‘2nd Indonesia Climate Change, Education and Forum yang diinisiasi Dewan Nasional Perubahan Iklim (DNPI).

Presiden Komisaris RAPP Tony Wenas dalam siaran persnya Jumat mengungkapkan pameran ini sangat bermanfaat untuk menyampaikan informasi kepada publik mengenai beragam fakta dan bukti ilmiah mengenai perubahan iklim dan dampaknya, serta untuk menyampaikan informasi mengenai pencapaian berbagai pihak dalam melakukan upaya adaptasi dan mitigasi terhadap dampak perubahan iklim.

Pada pameran kali ini, salah satu yg ditampilkan RAPP adalah alat Li-Cor 8100 yang merupakan alat pengukur flux CO2 dari tanah secara otomatis. Alat ini dapat mengukur emisi CO2 setiap 15 menit dan datanya dapat diunduh dari jarak jauh melalui jaringan GSM. Alat ini merupakan salah satu alat pengukur emisi CO2 tercanggih yang ada saat ini.

Dalam acara diskusi yang merupakan bagian dari rangkaian acara pameran ini, RAPP mengundang pakar sumberdaya lahan, Prof Muhajir Utomo, anggota Tim Monitoring, Verification and Reporting (MRV) untuk penerapan eco-hydro oleh PT RAPP di Semenanjung Kampar.

Dia memaparkan hasil MRV yang telah dilakukan selama 1,5 tahun terakhir. Program MRV ini dilakukan untuk menjawab kekuatiran beberapa pihak terhadap kerusakan ekosistem gambut Semenanjung Kampar dan dampak negatif terhadap masyarakat setempat.

“Dengan komitmen perusahaan untuk selalu menerapkan praktik terbaik (best practices) dan melakukan perbaikan yang berlanjut (continuous improvement), kami optimis bahwa perusahaan mampu berkontribusi pada kelestarian ekosistem gambut di Semenanjung Kampar serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” jelas Tony Wenas.

Dalam pameran ini, Menteri Lingkungan Hidup Balthasar Kambuaya, Ketua Dewan National Perubahan Iklim (DNPI) Rachmat Witoelar didampingi oleh Presiden Komisaris Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) Tony Wenas, Direktur Utama RAPP Kusnan Rahmin berkesempatan berkunjung ke stan RAPP dan mendengarkan penjelasan cara kerja Li-Cor 8100 yang merupakan alat pengukur flux CO2 dari tanah secara otomatis oleh peneliti Institut Pertanian Bogor (IPB) Dr. Satyanto K Saptomo.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.