Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Dia, Rawon Iga Spesial ala Grand Dafam

Kompas.com - 05/05/2012, 08:32 WIB

KOMPAS.com - Rawon atau nasi rawon, karena selalu disajikan dengan nasi, adalah menu berupa sup daging dengan bumbu khas karena mengandung kluwek. Rawon, meskipun dikenal sebagai masakan khas Jawa Timur, dikenal pula oleh masyarakat Jawa Tengah dan Yogyakarta.

Daging untuk rawon umumnya adalah daging sapi yang dipotong kecil-kecil. Bumbu supnya sangat khas Indonesia, yaitu campuran bawang merah, bawang putih, lengkuas (laos), ketumbar, serai, kunir, lombok, kluwek, garam, serta minyak nabati.

Semua bahan ini (kecuali serai dan lengkuas) dihaluskan, lalu ditumis sampai harum. Campuran bumbu ini kemudian dimasukkan dalam kaldu rebusan daging bersama-sama dengan daging. Warna gelap khas rawon berasal dari kluwek. Rawon disajikan bersama nasi, dilengkapi dengan tauge kecil, daun bawang, tempe goreng, telur asin, kerupuk, dan sambal.

Kalau Anda berlibur di Yogyakarta, rawon iga spesial ini dapat Anda nikmati di Hotel Grand Dafam Merapi-Merbabu Yogyakarta

Lantas apa yang membuat rawon iga di Hotel Grand Dafam MM Yogyakarta ini menjadi spesial?

Menurut Ninik Haryanti, Corporate Public Relation Manager Dafam Hotels & Resort Indonesia, ada dua alasan rawon iga ini menjadi spesial. "Pertama, ukuran daging yang digunakan. Pada rawon iga spesial ini menggunakan daging iga sapi berukuran panjang 17 cm dengan lebar mencapai 7 cm," kata Ninik.

Wow fantastis sekali. Kedua, lanjut Ninik, bumbu khas yang digunakan. Untuk rawon ini menggunakan racikan bumbu khas rempah Indonesia dengan kluwek sebagai pembuat warna hitam (black sauce). "Kluwek merupakan bumbu dapur yang hanya dapat ditemukan di tanah Jawa saja, sehingga masakan rawon ini cukup khas citarasanya," ujarnya.

"Ketiga, porsinya yang cukup banyak," sambung Ninik lagi.

Ternyata, rawon iga spesial ini mendapat sambutan hangat para tamu yang menginap di Hotel Grand Dafam MM Yogyakarta. "Para tamu menyukainya, malah membuat selera makan makin nambah," kata Ninik sembari tertawa.

Untuk pemesanan rawon seharga Rp 70.000++ Anda sudah mendapatkan 1 mangkok jumbo rawon ditambah dengan nasi, krupuk, sambal, tauge dan lalap.

Grand Dafam MM Yogyakarta adalah hotel berbintang empat atau hotel keenam di bawah jaringan Dafam Hotels & Resort Indonesia. Hotel ini memiliki 134 kamar, terdiri dari 106 kamar deluxe, 18 kamar executive, 6 kamar executive balcony, 2 kamar suite, 2 kamar royal suite. Pegawai hotel melayani tamu dengan sepenuh hati serta menonjolkan keramahtamahan asli Indonesia.

Sejak beroperasi 15 Desember 2011, Hotel Grand Dafam MM Yogyakarta bertekad tampil beda dengan mengangkat destinasi wisata di Yogyakarta serta kulinernya. Makanan khas daerah ditonjolkan, sehingga tamu merasa betah seakan berada di rumah sendiri. "Kali ini menu rawon iga spesial yang kita tonjolkan. Ke depan, kita ingin membuat pasar ikan," tambah Ninik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com