200 Perusahaan Farmasi Hadir di CPhl SEA 2012

Kompas.com - 06/05/2012, 17:45 WIB
|
EditorAsep Candra

JAKARTA, KOMPAS.com - Lebih dari 200 perusahaan farmasi akan hadir dalam forum Convention on Pharmaceutical Ingredients Southeast Asia (CPhI SEA), yang akan berlangsung di Jakarta International Expo, Kemayoran, Jakarta, selama 10-12 Mei 2012. Pameran niaga ini akan memberikan kesempatan unik bagi industri farmasi global untuk dapat mengakses langsung pasar farmasi ASEAN yang sedang bertumbuh. Perusahaan-perusahaan farmasi yang akan ikut serta dalam ajang tahunan ini berasal dari Eropa, Amerika Serikat, Korea, India, China dan ASEAN.

"Pasar obat generik diperkirakan akan berkembang pesat dari sisi nilai dan volume-nya dengan dukungan dari kebijakan pemerintah yang mendorong pertumbuhan produk berbiaya rendah dan mudah terjangkau oleh masyarakat," sebut Wakil Sekretaris Jenderal Gabungan Pengusaha Farmasi Indonesia, Kendrariadi Suhanda, dalam rilis yang diterima Kompas.com, Sabtu (5/5/2012).

Menurut dia, pasar obat generik Indonesia akan mengalami pertumbuhan dua digit yakni dari 3,7 miliar dolar AS pada tahun 2010 menjadi 6,1 miliar dollar AS pada tahun 2014. Industri farmasi Indonesia pun memberikan sumbangan yang cukup besar bagi pangsa pasar obat masyarakat Asia Tenggara.

"Selain itu Indonesia menyumbang sebesar 37 persen pangsa pasar dari bahan obat bagi masyarakat ASEAN," sambung Kendrariadi.

M. Gandhi, Managing Director ASEAN Business UBM Asia, selaku penyelenggara CPhI SEA 2012 mengatakan, pameran ini menawarkan kesempatan unik untuk mengakses pasar potensial yang mengarah pada pertumbuhan eksplosif.

Dikatakan dia, tidak hanya perusahaan asing saja yang akan mewarnai ajang tahunan ini, sebanyak 24 perusahaan nasional juga akan hadir, diantaranya Kimia Farma, Genero Pharma, Javaplant, Semarang Herbal, Phapros, Mensa Group, dan lainnya.

"Hal ini jelas menunjukkan bahwa industri farmasi nasional siap untuk pasar global," pungkas Gandhi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.