Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ahli DNA Rusia Tiba di Jakarta Malam Ini

Kompas.com - 16/05/2012, 19:10 WIB
Fabian Januarius Kuwado

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Tim forensik gabungan dari Diseaster Victim Identification (DVI) dan Identification Indonesia Automatic Finger Prints Identication System (Inafis) Mabes Polri mendapat bantuan ahli DNA (Deoxiribo Nukleid Acid) dari Rusia, Alexander Ivanov.

"Baru datang nanti malam dan mereka bergabung dengan tim DNA forensik yang nantinya bekerja di laboratorium forensik Pusdokes Mabes Polri di Cipinang," ujar Agus Prayitno selaku Kepala Rumah Sakit Polri Bhayangkara, Kramat Jati, dalam jumpa pers pada Rabu (16/5/2012).

Agus menambahkan, kedatangan ahli DNA asal Rusia tersebut bukan karena Indonesia tidak memiliki orang yang berkompeten, tetapi sebagai salah satu bentuk nyata pembicaraan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dengan Presiden Rusia Vladimir Putin. "Itu hasil pembicaraan antara Putin dengan SBY, dari sana akan membantu ke kita. Dia menampingi kita. Kita punya ahli DNA, tapi dia mendampingi ini sama kaya dengan bom Bali I dan II, dari Australia. Mereka tetap di bawah kita kerjanya," kata Agus.

Sejak dahulu, Indonesia telah terbiasa melakukan kerja sama semacam itu pada kasus-kasus terdahulu, seperti bom Bali I dan II. Saat itu Indonesia bekerja sama dengan ahli kedokteran dari Australia. Adapun untuk kepastian masa kerja ahli DNA tersebut, Agus tidak dapat memastikan hal tersebut. "Tergantung mereka, mungkin sampai selesai," lanjutnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com