Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Garuda Wisuda Pilot Baru Angkatan VI dari BIFA

Kompas.com - 26/05/2012, 16:43 WIB
Haryo Damardono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -  Maskapai Garuda Indonesia pada hari Sabtu (26/5/2012) kembali mewisuda 25 pilot baru dari sekolah penerbang Bali International Flight Academy (BIFA). Pilot yang baru diwisuda tersebut merupakan pilot Garuda angkatan ke enam yang dididik di BIFA.  

Acara wisuda dan penyerahan para pilot tersebut dilakukan oleh Robby Djohan, Chairman BIFA kepada Direktur Utama PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk. Emirsyah Satar di Four Seasons Hotel Jakarta.  Seluruh pilot angkatan ke-6 tersebut telah siap bergabung dengan Garuda Indonesia, setelah menempuh waktu pendidikan serta pelatihan penerbangan selama 16 bulan untuk meraih sertifikasi Private Pilot Licence (PPL), Commercial Pilot License (CPL) dan Instrument Rating.

Selanjutnya mereka akan mendapatkan pendidikan lanjutan selama enam bulan lagi untuk mendapatkan pendidikan type-rating, agar memenuhi kualifikasi dalam menerbangkan jenis pesawat yang akan digunakan nanti.  

Direktur Utama Garuda Indonesia, Emirsyah Satar mengatakan, kerjasama dengan BIFA ini sangat membantu pencapaian program ekspansi Garuda Indonesia ke depan khususnya dalam pemenuhan kebutuhan akan pilot. "Sejalan pengembangan armada yang dilakukan, Garuda juga melaksanakan program pengembangan awak pesawat untuk menjamin ketersediaan pilot-pilot yang berkualitas", ujar Emir.  

Chairman BIFA, Robby Djohan mengatakan bahwa kerjasama pelatihan para penerbang dengan Garuda Indonesia telah berjalan kurang lebih selama tiga tahun dan telah menghasilkan lebih dari 100 pilot. "Kerjasama ini merupakan bentuk dukungan BIFA kepada maskapai nasional Indonesia. Kami bangga telah menjadi bagian dalam transformasi Garuda Indonesia, khususnya dalam mendukung Garuda Indonesia dalam merealisasikan visinya menjadi perusahaan penerbangan global melalui program Quantum Leap," tambah Robby Djohan.  

Saat ini Garuda Indonesia memiliki lebih dari 1000 pilot yang sebagian besar merupakan pilot Airbus 330 series dan Boeing 737-800 NG. Dengan pengembangan armada yang dilaksanakan, dan untuk memenuhi kebutuhan pilot hingga 2015 mendatang, Garuda Indonesia akan merekrut lebih kurang sebanyak  400 calon pilot tambahan.  

Untuk mengisi kebutuhan akan pilot-pilot tersebut, selain dengan BIFA, Garuda Indonesia juga bekerjasama dengan STPI Curug dan sekolah penerbang lainnya. BIFA telah berhasil mendidik sebanyak enam angkatan pilot Garuda dengan jumlah sekitar 137 pilot dimana angkatan pertama diterima Garuda pada Maret 2010.

Para pilot angkatan pertama dan kedua telah bekerja menerbangkan pesawat Garuda sebagai First Officer (FO), sementara angkatan ke tiga, ke empat dan ke lima masih menjalani pendidikan typerating di Garuda Indonesia Training Center (GITC). Saat ini sebanyak 25 siswa pilot Garuda masih sedang menjalani pendidikan di BIFA.

  BIFA merupakan sekolah penerbang  berstandar internasional yang menawarkan pendidikan untuk berkarir di bidang industry aviasi sebagai penerbang. Melalui program pendidikan di BIFA para murid berkesempatan untuk mendapatkan sertifikat Commercial Pilot License (CPL) dengan standar yang tinggi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com