Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penyeberangan Merak-Bakauheni Kembali Dibuka

Kompas.com - 28/05/2012, 08:31 WIB
Agus Mulyadi

Penulis

MERAK, KOMPAS.com - PT Angkutan, Sungai, Danau, Penyeberangan (ASDP) Cabang Merak kembali membuka penyeberangan pelayaran Merak-Bakauheni, pascakericuhan yang mengakibatkan kerusakan sejumlah fasilitas pelabuhan.

"Kami membuka kembali penyeberangan Merak-Bakauheni, karena suasana pelabuhan relatif kondusif, namun aparat kepolisian tetap berjaga-jaga," kata Manajer PT ASDP Cabang Merak, Didi Yuliansyah, saat dihubungi di Merak, Seninc (28/5/2012) pagi ini.

Ia mengatakan, antrean panjang yang terjadi beberapa hari lalu akibat tingginya jumlah kendaraan yang hendak menyeberang ke Pelabuhan Bakauheni. Selain itu juga adanya perbaikan dermaga dua.

Antrean tersebut memicu kemarahan sopir yang mengakibatkan kerusakan sejumlah fasilitas Pelabuhan Merak. Di antaranya, tempat loket penjualan karcis, ruang tunggu dan ruang Pusat Koordinasi dan Pengendalian (Puskordal).

Kericuhan akibat ulah para sopir itu, kata dia, diduga adanya jalur tembak yang membayar ke oknum petugas agar mereka didahulukan untuk menyeberang, tanpa melalui antrean.

"Kami sudah menindak oknum petugas, baik satpam maupun karyawan yang membekingi jalur tembak itu," katanya.

Didi berjanji, ke depan Pelabuhan Merak terbebas dari segala pungutan liar yang berpotensi menimbulkan kemarahan sopir.

Karena itu, kata dia, ASDP Merak memberikan sanksi kepada oknum yang melindungi jalur tembak itu.

Ia menambahkan, akibat kericuhan sopir di Pelabuhan Merak, Minggu (27/5/2012) pukul 21.00 WIB, penyeberangan sempat ditutup, dan kini jalur pelayaran di Pelabuhan Merak dibuka kembali setelah suasananya kondusif.


Sumber: Antara

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com