Kompas.com - 29/05/2012, 19:18 WIB
|
EditorNasru Alam Aziz

JAKARTA, KOMPAS.com — Kementerian Perdagangan menyambut positif rencana penyatuan zona waktu. Langkah tersebut membuat perdagangan antardaerah lebih efisien. Para pelaku usaha tidak perlu saling menunggu akibat perbedaan waktu. Akibatnya, biaya aktivitas perdagangan bisa lebih murah.

Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan Gunaryo mengemukakan, dari sisi perdagangan, penyatuan zona waktu sangat menguntungkan. Dengan waktu sama, perdagangan bisa dilakukan secara serempak tanpa saling menunggu.

"Masyarakat di kawasan Indonesia timur tidak perlu lagi menunggu waktu untuk bertransaksi dengan pedagangan di kawasan barat. Sebaliknya, pedagang di kawasan barat juga bisa langsung bertransaksi. Selama ini, antara Barat dan Timur ada selisih waktu dua jam sehingga masing-masing harus menunggu," tutur Gunaryo, Selasa (29/5/2012), di Jakarta.

Menurut Kepala Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi Syahrul R Sempurnajaya, penyatuan zona waktu juga berdampak positif bagi perdagangan komoditas. "Selama ini, masyarakat di kawasan timur harus menunggu dua jam untuk bisa mengakses transaksi secara online. Jika zona waktu disatukan, mereka bisa melakukannya secara serempak," ujarnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.