Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Garuda Mulai Gabung SkyTeam 2014

Kompas.com - 11/06/2012, 15:49 WIB
Hermas Effendi Prabowo

Penulis

BEIJING, KOMPAS.com- Maskapai penerbangan Garuda Indonesia merencanakan untuk bergabung dalam aliansi SkyTeam pada awal 2014. Dengan masuk SkyTeam, dimungkinkan para penumpang Garuda Indonesia (GA) terkoneksi dengan 16 maskapai penerbangan lain anggota SkyTeam.

Saat ini Garuda tengah menyiapkan infrastruktur jaringan untuk kemudahan registrasi bagi calon penumpang.

Direktur Utama PT Garuda Indonesia Emirsyah Satar mengatakan itu, Senin (11/6/2012), dalam forum pertemuan tahunan Organisasi Penerbangan Sipil Internasional (IATA) World Air Transport Summit di Beijing, China.

Menurut Emirsyah, kalau jaringan dan sistem IT sudah siap, sebenarnya hanya butuh waktu enam bulan untuk implementasi kerjasama dalam lingkup SkyTeam itu. Namun karena belum siap, perlu waktu sampai awal 2014.

"Kita perlu mengembangkan sistem registrasi, dan itu memerlukan waktu untuk implementasinya. Juga untuk terkoneksi dengan sistem pada anggota SkyTeam lain. Sistem kita harus terkoneksi secara global dengan mereka," jelasnya.

Emirsyah mengatakan, perlu investasi cukup besar untuk membangun kerjasama itu. Namun, investasi itu dalam bentuk biaya operasional, bukan capital invesment.

SkyTeam merupakan aliansi maskapai penerbangan global, yang memudahkan konsumen terkoneksi ke jaringan penerbangan global dengan lebih banyak tujuan, frekuensi penerbangan, dan konektivitas.

Lounge dalam aliansi SkyTeam ada 490 unit, dengan 16 anggota aliansi. Yakni Aeroflot, Aeromexico, Air Europa, Air France, Alitalia, China Airlines, China Eastern, China Southern, Czech Airlines, Delta Airlines.

Juga Kenya Airways, KLM Royal Dutch Airlines, Korean Air, Saudia, TAROM dan Vietnam Airlines. Aliansi SkyTeam melayani penerbangan 506 juta penumpang tiap tahun dalam 14.000 penerbangan harian dengan 958 tujuan di 173 negara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com