Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Gula Diprediksi Terus Melambung

Kompas.com - 13/06/2012, 12:30 WIB
Agnes Swetta Br. Pandia

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Harga gula diprediksi terus melambung hingga beberapa bulan ke depan, karena harga saat lelenag masih pada posisi Rp 10.700 per kilogram (kg).

General Manager Marketing PTPB XI, Adig Swandi, di Surabaya, Rabu (13/6/2012) mengatakan, harga lelang beberapa bulan ke depan diperkirakan masih mengalami kenaikan. Saat ini saja, pada lelang sekitar 4.000 ton gula harga sudah pada kisaran Rp 10.700.000 per ton atau Rp 10.700 per kg.

"Ada beberapa faktor yang ikut mempengaruhi harga gula naik, antara lain produksi gula belum maksimal pada musim giling, karena pasokan tebu belum banyak," katanya.

Menurut Ketua Asosiasi Petani Tebu Rakyat Indonesia (APTRI), Arum Sabil, melambungnya harga lelang otomatis memotivasi petani untuk terus menanam tebu. Apalagi harga patokan pemerintha (HPP) sebesar Rp 8.100 per kg, sehingga kelebihan harga bisa dinikmati petani.

"Dengan harga lelang gula seperti sekarang petani benar-benar bisa menikmati keuntungan," katanya.

Harga gula dipasaran Surabaya umumnya berkisar Rp 11.750 hingga Rp 12.500 per kg. Pedagang menilai kenaikan harga gula akan terus berlangsung hingga dua bulan ke depan, apalagi sudah menjelang puasa lalu Lebaran.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com