Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

60 Persen SBN Sudah Diterbitkan

Kompas.com - 18/06/2012, 17:43 WIB
Ester Meryana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Jenderal Pengelolaan Utang Kementerian Keuangan Rahmat Waluyanto menyebutkan, penerbitan Surat Berharga Negara (SBN) telah mencapai 60 persen dari target Rp 271 triliun dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara -Perubahan (APBN-P) 2012.

"Kira-kira mendekati 60 persen sudah kita capai targetnya," sebut Rahmat, di DPR, Jakarta, Senin (18/6/2012).

Ia menjelaskan, realisasi tenor dari SBN yang telah diterbitkan ada yang sebesar lima tahun. Namun, bila dirata-ratakan sekitar 10 tahun. Sementara itu, imbal hasil dari SBN rata-rata satu tahun (year to date) sekitar 5,8 persen-5,9 persen.  

Rahmat menambahkan, sisa 40 persen SBN akan diterbitkan sampai akhir tahun 2012. Dijelaskannya, pinjaman luar negeri mempunyai dua jenis, yaitu pinjaman proyek dan pinjaman program.

Pinjaman proyek realisasinya masih rendah yakni baru sekitar 30 persen. Sementara itu, pinjaman program yang diperuntukkan bagi pembiayaan defisit anggaran atau istilahnya pembiayaan tunai biasanya ditarik pada kuartal IV.

Menurut Rahmat, hal itu karena pada kuartal I sampai III  Pemerintah biasanya masih memiliki saldo kas yang cukup tinggi.

"(40 persen) sampai akhir tahun," pungkas dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com