Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Optimisme Krisis Eropa Dorong Harga Minyak Naik

Kompas.com - 20/06/2012, 07:31 WIB
Ester Meryana

Penulis

NEW YORK, KOMPAS.com - Harga minyak mentah naik karena ada optimisme bahwa krisis utang Eropa mengendur dan spekulasi bahwa Bank Sentral Amerika Serikat akan mengumumkan stimulasi demi mendorong perekonomiannya.

Harga minyak mentah West Texas Intermediate untuk pengantaran Juli naik 76 sen menjadi 84,03 dollar AS per barrel di New York Mercantile Exchange, Selasa (19/6/2012) waktu setempat. Sedangkan, harga minyak Brent untuk penetapan Agustus merosot 29 sen, atau 0,3 persen menjadi 95,76 dollar AS per barrel di ICE Futures Europe exchange, London.

Naiknya harga minyak didorong oleh kondisi Spanyol. Imbal hasil negara Uni Eropa ini berhasil turun setelah Pemerintahnya berhasil menjual bill sesuai dengan target. Menurut keterangan Bank of Spain yang berbasis di Madrid, Spanyol berhasil menjual bill senilai 3,04 miliar euro atau setara 3,8 miliar dollar AS, sementara target hanya 3 miliar euro.

Para kreditur Eropa pun disiapkan untuk memudahkan rencana dana talangan Yunani. "Kapanpun Eropa terlihat sedikit lebih stabil, itu akan membantu pasar," sebut Jason Schenker, Presiden Prestige Economics LLC, di Austin, Texas.

Di sisi lain, Bank Sentral AS sedang melakukan pertemuan pada Selasa dan Rabu waktu setempat, untuk memutuskan apakah stimulus diperlukan demi mendorong perekonomian AS. "Kami mendapatkan keputusan the Fed (Bank Sentral AS) besok dan ada sejumlah antisipasi dari kebijakan akomodatif tambahan," tambah Jason. Sumber:

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com