Kompas.com - 25/06/2012, 08:37 WIB
|
EditorNasru Alam Aziz

JAKARTA, KOMPAS.com -- Pertemuan empat pemimpin Uni Eropa, yakni Jerman, Perancis, Italia, dan Spanyol, menyetujui proposal mendorong pertumbuhan ekonomi di kawasan itu. Namun, Jerman tetap menolak memberikan fleksibilitas dana pinjaman dan pembentukan joint euro bond.

Menurut ekonom Samuel Sekuritas Indonesia, Lana Soelistianingsih, pasar mungkin menyambut positif rencana ini.

Rencana itu diharapkan dapat mengurangi kemungkinan resesi negatif 0,3 persen dibanding tahun lalu. Sebab, dengan itu, berarti akan ada tambahan pendanaan sebesar 130 miliar euro (163 miliar dollar AS) atau senilai 1 persen dari total produk domestik brutto Uni Eropa.

Sentimen negatif justru datang dari Amerika Serikat. Data consumer spending yang akan diumumkan pada 29 Juni mendatang tampaknya tidak cukup baik. Hasil survei Bloomberg memperkirakan tidak ada perubahan, dibandingkan kenaikan 0,3 persen dibanding bulan April lalu. Perkiraan ini mempertimbangkan sektor manufaktur dan data ketenagakerjaan yang melemah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.