Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
INVESTASI

Investasi Hortikultura Lokal Terhambat

Kompas.com - 28/06/2012, 20:11 WIB
Imam Prihadiyoko

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -- Pertumbuhan investasi hortikultura lokal saat ini masih mengalami hambatan. Pasalnya, infrastruktur penunjang investasi holtikultura dari hulu sampai hilir masih lemah. Oleh karenanya, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) meminta pemerintah mendorong perbaikan infrastruktur yang terintegrasi dan terencana agar dapat meningkatkan investasi hortikultura dalam negeri maupun luar negeri.

"Usaha hortikultura di Indonesia pada umumnya pertanian rakyat dengan skala usaha kecil, tersebar, pengelolaan secara perorangan dan kurang didukung oleh infrastruktur yang memadai," kata anggota Fraksi PKS Ma'mur Hasanuddin, Kamis (28/6/2012).

Menurut Ma'mur, laporan Kementerian Pertanian dalam tahun 2005-2009 memperlihatkan defisit perdagangan hortikultura meningkat dari 143,71 juta dollar AS menjadi 703,91 juta dollar AS, atau meningkat defisit rata-rata 58,50 persen per tahun.

Peningkatan defisit perdagangan hortikultura ini karena laju peningkatan produk hortikultura lebih tinggi dibanding laju peningkatan ekspor hortikultura.

Dalam lima tahun terakhir, 2007-2011, total investasi dalam bentuk penanaman modal dalam negeri (PMDN) kumulatif sektor pertanian sebesar Rp 24,62 triliun atau 11,97 persen dari total nilai investasi PMDN nasional. Adapun penanaman modal asing (PMA) baru 4,2 persen.

"Selama ini pelaku usaha hortikultura belum memperoleh akses yang memadai terhadap sarana, prasarana, teknologi, pembiayaan maupun informasi. Lemahnya aksestabilitas tersebut menyebabkan rendahnya produktivitas, mutu, dan efisiensi yang menyebabkan daya saing hortikulura Indonesia rendah," tutur Ma'mur, yang duduk di sebagai anggota Komisi IV DPR RI.

Legislator dari Jawa Barat ini menjelaskan, peningkatan investasi hortikultura sangat potensial untuk ditingkatkan, mengingat pasar Indonesia yang masih terbuka lebar. Oleh karenanya, perbaikan infrastruktur harus dilakukan secara integratif dan terencana.

Infrastruktur ini sangat penting dalam peningkatan pemasaran hasil-hasil hortikultura dan industri lokal dalam tingkat regional, nasional bahkan internasional. Selain itu perlu dikembangkan pula integrasi transportasi dengan daerah lain sehingga dapat memudahkan distribusi hasil produksi.

"Iklim investasi sangat diperlukan dalam peningkatan kegiatan usaha hortikultura nasional. Penyediaan iklim investasi yang kondusif dibutuhkan untuk memberi kenyamanan dan keamanan bagi para investor untuk menanamkan modalnya di bidang produksi berskala industri," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com