Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wisatawan Asing Minati Museum Kretek Kudus

Kompas.com - 03/07/2012, 13:37 WIB
Alb. Hendriyo Widi Ismanto

Penulis

KUDUS, KOMPAS.com - Wisatawan asing mulai banyak yang berkunjung ke Museum Kretek di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah. Mereka tertarik dengan sejarah dan budaya pembuatan kretek yang "dikisahkan" dalam museum itu.

Berdasarkan data Museum Kretek Kudus, wisatawan mancanegara yang berkunjung pada Januari-Juni 2012 sebanyak 90 orang. Mereka berasal dari Perancis, Belanda, Malaysia, Jerman, dan Korea.

Kepala Pengelola Museum Kretek Suyanto, Selasa (3/7/2012), mengatakan, para wisatawan itu datang melalui agen-agen perjalanan dan perusahaan-perusahaan rokok di Kudus. Mereka tertarik melihat potret tradisi membuat kretek, menyimak tokoh-tokoh kretek, dan menyaksikan film "Kretek".

Pengelola telah berupaya meningkatkan kunjungan ke museum dengan menggandeng agen perjalanan. Biasanya agen-agen itu mengemas paket kunjungan di Kudus ke Menara Kudus, Pegunungan Muria, pusat kuliner, dan Menara Kudus.

"Selain wisatawan asing, banyak pula wisatawan lokal dari sejumlah kota di Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Jawa Barat. Jumlah wisatawan lokal pada Januari-Juni 2012 sebanyak 22.962 orang," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com