Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sebelum Pertemuan ECB, Harga Emas Turun

Kompas.com - 05/07/2012, 07:37 WIB
Ester Meryana

Penulis

LONDON, KOMPAS.com - Harga emas turun di London, Rabu (4/7/2012) waktu setempat atau Kamis pagi, seiring dengan kenaikan harga secara berkepanjangan ke posisi harga tertinggi dalam dua minggu mendorong investor menjual emas.

Ini terjadi sebelum para pembuat kebijakan Bank Sentral Eropa bertemu besok. Harga emas untuk pengantaran cepat hanya berubah sedikit menjadi 1.615,65 dollar AS per troy ounce (setara dengan 31,1 gram) pada Rabu pukul 16.45 di di London.

Harga emas sempat menyentuh 1.625,07 dollar AS kemarin, yang merupakan harga tertinggi sejak 19 Juni 2012. Sementara itu, emas berjangka untuk pengantaran Agustus merosot 0,4 persen menjadi 1.615,80 dollar AS, di Comex, New York.

Harga emas sempat naik kemarin menyusul data manufaktur yang buruk di Amerika Serikat dan juga China. Kondisi ini lantas memicu spekulasi bahwa bank-bank sentral akan melakukan tambahan stimulus.

Euro pun melemah terhadap dollar AS di tengah ekspetasi Bank Sentral Eropa (ECB) akan memangkas suku bunganya ke sebuah rekor yang rendah pada 5 Juli 2012.

"Setelah rally (kenaikan harga berkepanjangan), beberapa posisi berlebihan mengambil tempat seiring dengan peserta lebih memilih untuk mengurangi eksposur terhadap emas menjelang keputusan ECB besok," sebut Bayram Dincer, analis LGT Capital Management, di Pfaeffikon, Swiss.

Perdagangan di AS tutup pada tanggal 4 Juli karena perayaan Hari Kemerdekaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com