Sejarah Mobil dan Kisah Kehadiran Mobil di Negeri Ini

Kompas.com - 11/07/2012, 11:37 WIB
|
EditorRobert Adhi Ksp

KOMPAS.com — Ketika Anda membeli mobil dan mengendarai mobil, apakah Anda pernah mengetahui asal-usul merek mobil tersebut? Informasi tentang sejarah mobil, termasuk kisah kehadirannya di Indonesia, dapat Anda baca di buku bertajuk Sejarah Mobil, Kisah Kehadiran Mobil di Negeri Ini. Buku yang ditulis James Luhulima dan diterbitkan oleh Penerbit Buku Kompas (PBK) ini memuat sejarah mobil di Indonesia dan di dunia.

Buku yang diberi pengantar oleh Presiden Direktur PT Toyota Astra Motor Johnny Darmawan ini membuat enam bab (Benz Patent Motorwagen, Mesin Pembakaran Luar, Sejarah Mobil di Indonesia, Munculnya Tokoh Otomotif Indonesia, Masuknya Mobil-mobil Jepang, dan Kelahiran Jip sebagai Kendaraan Militer). Buku ini dilengkapi dengan Kamus Istilah Otomotif, dengan ilustrasi foto dan grafis. Singkatnya, buku ini sangat informatif dan enak dibaca karena ditulis dengan ringan.

Tahukah Anda bahwa kendaraan bermotor pertama hadir di Indonesia (Hindia Belanda) tahun 1893? Orang pertama yang memiliki kendaraan bermotor di Indonesia adalah orang Inggris, John C Potter, yang bekerja sebagai Masinis Pertama di Pabrik Gula Oemboel, Probolinggo, Jawa Timur. Potter memesan langsung sepeda motornya ke pabriknya, Hildebrand und Wolfmuller, di Muenchen, Jerman. Potter pun satu-satunya orang yang menggunakan kendaraan bermotor di Indonesia pada saat itu. (halaman 58-59, Bab III Sejarah Mobil di Indonesia).

Buku ini dilengkapi dengan foto-foto bersejarah, foto hitam putih tentang kehadiran kendaraan bermotor di Indonesia. Misalnya, ada foto sebuah mobil menyeberangi Bengawan Solo dengan rakit. Juga foto Peugeot yang berseliweran di Indonesia tahun 1898-1899. Pada masa kolonial, sudah ada pula klub-klub mobil yang sering mengadakan perjalanan wisata bersama-sama.

Industri otomotif Indonesia dimulai tahun 1920 ketika General Motors (GM) mendirikan pabrik perakitan Chevrolet di Tanjoeng Priok (halaman 89), lalu pada tahun 1955, Pemerintah Indonesia mendatangkan mobil dari luar negeri untuk mendukung pelaksanaan Konferensi Asia-Afrika di Gedung Merdeka, Bandung, Jawa Barat, 18-24 April. Mobil-mobil itu adalah Plymouth Belvedere, Opel Kapitan, dan Opel Kadett (halaman 92).

Kapan mobil-mobil Jepang masuk ke Indonesia? James Luhulima mengulas soal ini di Bab V. Jip Toyota kanvas merupakan mobil pertama Jepang yang masuk ke Indonesia. Tahun 1961, 100 unit Toyota Land Cruiser beratap kanvas (terpal), yang di Indonesia populer dengan sebutan jip Toyota kanvas, dibeli oleh Departemen Transmigrasi, Koperasi, dan Pembangunan Masyarakat Desa (halaman 98).

Kapan Toyota Kijang lahir dan kemudian mendominasi otomotif Indonesia? Toyota Kijang bak terbuka dipamerkan di paviliun Toyota di arena Jakarta Fair pada tahun 1975 (halaman 118), dan Toyota Kijang generasi pertama diluncurkan tahun 1977, bertahan hingga empat tahun. Pada tahun 1981, lahir pula Toyota Kijang generasi kedua, dan pada tahun 1986 lahir Toyota Kijang generasi ketiga, sedangkan Toyota Kijang generasi keempat muncul tahun 1996.

Pada HUT ke-25 Toyota Kijang tahun 2002, PT Toyota Astra Motor meluncurkan Toyota Kijang, facelift generasi keempat. Ini merupakan Toyota Kijang terakhir. Pada tahun 2004, Toyota Kijang digantikan oleh Toyota Kijang Innova.

Buku ini layak dibaca oleh penggemar otomotif Indonesia dan siapa saja yang berkecimpung dalam dunia otomotif. Buku ini ditulis oleh James Luhulima, yang mengasuh rubrik otomotif di harian Kompas sejak tahun 1999. James Luhulima saat ini adalah Redaktur Pelaksana Harian Kompas.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X