Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dahlan Iskan Ketagihan Jajal Mobil Listrik

Kompas.com - 16/07/2012, 19:30 WIB
Didik Purwanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Menteri BUMN Dahlan Iskan mengaku ketagihan menguji coba kembali mobil listrik nasional. Meskipun mobil yang ditumpanginya mogok Senin (16/7/2012) tadi pagi, Dahlan tetap akan menguji coba kembali mobil tersebut esok hari.

"Coba saja saya tidak buru-buru ke Halim (untuk mengikuti Bapak Presiden SBY ke Solo), saya akan coba lagi malam ini setelah listrik diisi lagi penuh. Tapi karena malam ini saya di Solo, baru Selasa sore besok balik, saya punya waktu mencoba lagi esok hari," kata Dahlan dalam keterangan tertulis kepada media di Jakarta, Senin (16/7/2012).

Rencananya, Selasa sore besok Dahlan Iskan akan mencoba lagi mobil listrik yang saat ini dinamakan Ahmadi, sesuai nama pembuat mobil listrik tersebut.

Dahlan mengaku lalai saat mencoba mobil listrik tersebut tadi pagi. Ia terlalu "main-main" dengan pedal gas yang membuat boros pemakaian listriknya sehingga saat tiba di Jalan Thamrin, Jakarta, dekat Kedutaan Besar Jepang, baterai mobil listriknya habis.

"Saya tahu saat berangkat dari Depok tadi pagi listriknya memang tidak sampai separuh. Tapi saya pikir cukup untuk perjalanan 50 km dari Depok ke BPPT di Jalan Thamrin. Ternyata kurang 1 km lagi mobil kehilangan daya. Saya tidak mengira listriknya habis karena indikatornya msh menunjukkan belum habis. Ternyata indikatornya kurang bekerja normal," kenang Dahlan.

Sebetulnya Dahlan juga curiga ketika sudah menempuh jarak 30 km, yakni ketika tiba di Pancoran. Saat itu, indikator baterai menunjukkan listrik tidak berkurang.

Dahlan langsung meminta Dasep Ahmadi yang kebetulan satu mobil dengan Dahlan untuk menyempurnakan mobil itu. "Ini bukan kekurangan yang berat. Besok sore sudah bisa saya coba lagi. Sekalian menyempurnakan sistem rem dan AC-nya," kata Dahlan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com