Jelang Lebaran, Citilink Tambah Frekuensi Penerbangan

Kompas.com - 17/07/2012, 13:48 WIB
|
EditorPepih Nugraha

JAKARTA, KOMPAS.com - Citilink Indonesia akan menambah frekuensi penerbangan. Hal itu dilakukan menjelang bulan Ramadhan dan Lebaran 2012. CEO Citilink Indonesia Arif Wibowo menjelaskan hingga saat ini Citilink baru melayani sekitar 56 frekuensi penerbangan. Rute yang dilalui adalah Jakarta dan Surabaya menuju Batam, Banjarmasin, Denpasar, Balikpapan, Medan dan Makassar.

"Bulan ini telah ditingkatkan menjadi 72 frekuensi penerbangan dan bulan depan akan menjadi 86 frekuensi penerbangan," kata Arif selepas selepas penandatanganan kerjasama Bank Mandiri-Citilink di Menara Citicon Jakarta, Selasa (17/7/2012).

Dengan menambah frekuensi penerbangan, maka Citilink juga akan menambah rute penerbangan. Rencananya akan menambah jalur rute Bandung ke Surabaya, Bandung ke Denpasar, Bandung-Lombok, Lombok-Surabaya. Selain itu, juga akan menambah rute Batam, Medan dan beberapa kota di Sumatra. Di kuartal IV-2012, Citilink juga akan menambah rute ke Sorong, Papua.

"Dengan penambahan rute dan sekaligus menjelang lebaran ini, biasanya lonjakan penumpang mencapai sekitar 15-20 persen," tambahnya.

Di tahun depan, frekuensi penerbangan akan ditingkatkan menjadi 120 kali penerbangan per hari. Sehingga, Citilink juga memerlukan penambahan pesawat dari semula 15 unit pesawat Airbus menjadi 21 unit pesawat Airbus. Adapun jenis pesawat yang dimiliki Citilink saat ini, yakni 10 pesawat jenis Boeing B737-300 (148 tempat duduk) dan lima pesawat jenis A320 (180 penumpang). Rencananya, Citilink akan mendatangkan 50 pesawat Airbus A320. Pesawat tersebut secara bertahap diterima pada 2014 mendatang.

"Seperti kita ketahui pengguna jasa penerbangan di tanah air kita yang berkembang sampai dua kali lipat. Maka Citilink membuat suatu strategi yang cukup agresif ke depannya," tambah Arif.

Arif menambahkan, hingga kini dan ke depannya nanti, Citilink masih tetap berfokus pada segmen pasar low budget traveller di indonesia. "Kita bawa ke depan semua aktivitas, semua strategi dan program-program yang dikembangkan oleh Citilink akan berorientasi low cost model. Dengan demikian ada target peningkatan lebih dari 100 persen dalam waktu 3,5 tahun ini. Baik dari segi kepemilikan pesawat maupun jumlah penumpang," katanya.

Baca tentang


    Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X