Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indonesia Perluas Pasar Produk Hortikultura

Kompas.com - 18/07/2012, 17:44 WIB
Eny Prihtiyani

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Perkembangan ekspor sayuran dan buah Indonesia selama periode 2007-2011, menunjukan tren yang cenderung positif, yaitu sebesar 8,26 persen. Negara yang menjadi tujuan ekspor antara lain Singapura, Pakistan, India, China, dan Bangladesh.

Pada tahun 2007 nilai ekspor sayuran dan buah Indonesia mencapai 335 juta dollar AS, sementara pada tahun 2011 nilai ekspornya mencapai 493 juta dollar AS.

"Hal yang cukup menggembirakan adalah nilai ekspor periode Januari-April 2012, telah mencapai 152 juta dollar AS atau terjadi peningkatan 10,88 persen jika dibandingkan periode yang sama tahun 2011 yaitu 137 juta dollar AS," kata Direktur Pengembangan Produk Ekspor dan Ekonomi Kreatif, Kementerian Perdagangan, Dody Edward, Rabu (18/7/2012).

Ia menyebutkan, Indonesia merupakan negara yang memiliki sumber daya alam yang melimpah. Meskipun saat ini nilai perdagangan Indonesia untuk produk hortikultura masih negatif, namun potensi hortikultura, khususnya sayuran dan buah Indonesia, masih cukup besar dan variatif.

"Kami optimis bahwa produk hortikultura Indonesia mampu bersaing dengan produk hortikultura dari negara lain. Dari segi rasa, kita masih unggul, namun dari segi tampilan memang harus kita perbaiki, agar lebih menarik konsumen. Oleh karena itu, ini merupakan salah satu PR yang harus kita selesaikan bersama," kata Dody.

 

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com