Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

GMF AeroAsia Dapat Rating Boeing 737-800 NG

Kompas.com - 18/07/2012, 19:50 WIB
Haryo Damardono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktorat Kelaikan Udara dan Pengoperasian Pesawat Udara (DKUPPU) menyetujui penambahan rating baru yang diajukan oleh PT GMF AeroAsia, dalam audit yang berlangsung pada pertengahan Juli 2012.

Rating baru yang mendapatkan persetujuan DKUPPU adalah pengecekan harian pesawat Boeing 737-800 NG di Line Maintenance Station (LMS) Batam.

Dengan tambahan rating baru itu, kapabilitas LMS Batam meningkat dari hanya melakukan transit check kini dapat melaksanakan daily check pesawat Boeing 737-800 NG.  

"Penambahan rating LMS Batam sejalan rencana pengembangan kapabilitas station-sion-station lain," kata Erman Noor Adi selaku GM Sa fety Performance Monitoring GMF, Rabu (18/7/2012).

Selain LMS Batam, audit yang dilaksanakan oleh empat auditor DKUPPU ini juga berlangsung di LMS Denpasar, LMS Jogjakarta, dan LMS Ampenan.

Audit di LMS Ampenan, fokus pada dua aspek yakni renewal audit dan audit kepindahan station dari Bandara Selaparang, Mataram, ke Bandara Internasional Lombok di Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.

Dalam audit tahunan yang berlangsung pada 3-17 Juli 2012 ini, DKUPPU mengirim empat orang auditornya yakni Udi Tito Priyatna, Ruddy Suwignyo, Sigit Sumantri, dan Farid Imam Wahyudin.

Audit dilakukan untuk memastikan kepatuhan GMF AeroAsia terhadap persyaratan AMO Part 145, dan Distributor of Aeronautical Product Part 57.

"Hasil audit ini sangat penting bagi kelangsungan GMF AeroAsia ke depan," kata Erman.

Apalagi sertifikat approval DKUPPU ini dibutuhkan dalam proses pengajuan sertifikat approval authority lain, seperti EASA dan FAA.

Menurut Erman Noor Adi, untuk memastikan kepatuhan GMF AeroAsia terhadap regulasi, audit tahunan ini mencakup semua aspek yang terkait dengan kompetensi personel, prosedur kerja, dan kelengkapan sarana serta fasilitas perawatan.

 

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com