Kompas.com - 20/07/2012, 09:27 WIB
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com — Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan membuktikan komitmennya dengan mobil listrik. Kamis (19/7/2012) tepatnya pukul 17.30 WIB, Dahlan tiba di lobi utama kantor BUMN sembari mengendarai mobil listrik bikinan Ahmadi di Depok.

Ditemani satu orang ajudan, Dahlan ternyata baru pulang membawa mobil listrik itu ke Istana. "Habis menghadiri rapat di Istana," kata Dahlan percaya diri. Dalam kesempatan itu pula, Dahlan sempat menawarkan diri dan wartawan lainnya untuk mencoba mobil listrik tersebut.

Salah satu wartawan pun naik kendaraan listrik yang dikendarai langsung oleh Dahlan Iskan. Tanpa basa-basi, Dahlan langsung tancap gas, tanpa ada terdengar suara mesin. Tak hanya itu, mobil lstrik yang dikendarai Dahlan Iskan itu tidak mengeluarkan asap dari knalpotnya.

Selesai mengitari gedung BUMN, Dahlan mengaku, mobil itu tidak mendadak mogok lagi, seperti pertama kali ia mencobanya. "Kejadian sebelumnya itu bukan mogok, tetapi kurang pasokan listrik," terang Dahlan.

Memang Dahlan sangat berkeinginan mobil itu bisa menjadi mobil nasional. Apalagi, mobil tersebut tidak berisik dan juga tidak mengeluarkan suara seperti mobil berbahan bakar minyak.

Perlu diketahui, mobil listrik yang dikendarai Dahlan itu mengusung baterai berkapasitas 20 kwh. "Untuk listrik itu, paling hanya membayar Rp 15.000," ujar Dahlan yang kemudian pergi meninggalkan kantor dengan kendaraan ramah lingkungan itu. (Nur Ramdhansyah A/Kontan)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.