Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

China Serius Investasi di Jawa Barat

Kompas.com - 20/07/2012, 13:12 WIB
Didit Putra Erlangga Rahardjo

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Pemerintah China menyatakan keseriusannya dalam mengucurkan investasi ke Provinsi Jawa Barat untuk sektor infrastruktur maupun pertanian. Rencana investasi tersebut akan digulirkan pada tahun ini.

Hal tersebut diungkapkan Duta Besar China untuk Indonesia, Liu Jianchao, yang berkunjung ke Gedung Sate untuk bertemu dengan Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan, Jumat (20/7/2012). Pertemuan berlangsung dalam waktu kurang dari satu jam dan menghasilkan kesepahaman tanpa menyebutkan nominal nilai kontrak.

"Salah satu yang diminati adalah proyek infrastruktur pembangunan jalan tol dari Bandung ke Cirebon sejauh 67 kilometer," kata Jianchao.

Selain infrastruktur, China juga tertarik untuk berkontribusi kepada proyek pembangunan pembangkit listrik. Begitu pula dengan sektor agribisnis yang bakal diikuti.

Menurut Heryawan, kedatangan Dubes China menunjukkan keseriusan dalam mengucurkan investasi ke Jabar. Untuk proyek pembangkit listrik, Jabar sendiri memiliki pembangkit di tiga lokasi yakni Cirebon, Indramayu, dan Sukabumi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com