Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Biar Murah, Mobil Listrik Harus Diberi Insentif

Kompas.com - 23/07/2012, 14:38 WIB
Didik Purwanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Negara BUMN Dahlan Iskan menginginkan agar pemerintah memberikan insentif terhadap mobil listrik dan mobil hibrida kepada calon pengguna. Insentif tersebut diperlukan agar harga mobil listrik murah dan terjangkau oleh masyarakat.

"Agar masyarakat mau membeli mobil ini (mobil listrik dan mobil hibrida), maka pemerintah harus memberikan insentif agar murah," kata Dahlan di Kantor Kementerian BUMN Jakarta, Senin (23/7/2012).

Rencananya, tawaran insentif ini akan diusulkan ke dalam Rapat Koordinasi di Kementerian Perekonomian siang ini. Harapannya, fasilitas tersebut akan mempercepat realisasi pembuatan mobil listrik dan mobil hibrida ini.

Alasan Dahlan ngotot agar pemerintah memberikan insentif ke mobil listrik ini adalah karena mobil listrik tersebut lebih hemat energi dan tidak membuat polusi. Sehingga upaya yang selaras dengan visi negara ini akan mampu terlaksana berkat realisasi mobil listrik tersebut.

"Pak SBY sudah minta mengenai aturan insentif tersebut. Harapannya akhir tahun ini bisa selesai, tapi bentuknya masih belum tahu," tambahnya.

Sekadar catatan, kementerian terkait (Perindustrian, Perdagangan dan BUMN) harus menerbitkan ketentuan terkait penggunaan mobil listrik tersebut. Hal itu dilakukan untuk mendukung pengembangan mobil listrik nasional.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com