Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kronologi Penutupan Tol Jatibening

Kompas.com - 27/07/2012, 13:01 WIB
Sabrina Asril

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Penutupan akses terminal bayangan Jatibening di dalam ruas tol Jakarta-Cikampek pada Jumat (27/7/2012) dini hari disambut protes ribuan warga. Mereka bahkan sempat membakar satu mobil operasional milik Jasa Marga dan memblokade ruas tol tersebut.

Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Rikwanto mengungkapkan, pemblokadean ruas tol itu dilakukan karena tidak ada sosialisasi yang dilakukan Jasa Marga atas penutupan itu.

"Sama sekali tidak ada sosialisasi, baik ke polisi maupun ke warga, sehingga warga pun marah dan efeknya menjadi seperti ini," ujar Rikwanto, Jumat (27/7/2012) di Mapolda Metro Jaya.

Setelah pembicaraan antara warga, pihak kepolisian, dan aparat pemerintahan setempat, akses tol akhirnya kembali dibuka.

Berikut kronologi penutupan tol Jatibening pada hari ini, seperti dihimpun dari pihak kepolisian:
- Pukul 02.00 WIB
PT Jasa Marga menutup akses terminal bayangan di tol Jatibening pada ruas tol Jakarta-Cikampek dengan pembatas beton.

- Pukul 05.00 WIB
Warga yang biasa menggunakan terminal bayangan di tol Jatibening mulai berdatangan untuk berangkat bekerja. Mereka lalu protes setelah melihat akses masuk bus ke terminal bayangan ditutup dengan beton. Bus-bus tidak bisa masuk, sementara penumpang telantar.

- Pukul 05.30 WIB
Warga mulai mengamuk dan membakar satu mobil pikap milik Jasa Marga. Selain itu, warga juga membakar ban. Para penumpang yang telantar memblokade jalan dengan cara tidur di tengah jalan tol. Arus lalu lintas di dalam tol macet total. Imbas kemacetan hingga keluar tol, mencapai Kalimalang.

- Pukul 07.10 WIB
Sebanyak 450 personel kepolisian gabungan dari Polda Metro Jaya dan Polres Bekasi Kota diturunkan ke lokasi. Sejumlah pejabat kepolisian, seperti Wakil Kepala Polda Metro Jaya Brigadir Jenderal (Pol) Suhardi Alius, Kepala Biro Operasi Polda Metro Jaya Komisaris Besar Agung Budi Maryoto, dan Kepala Polres Bekasi Kota Komisaris Besar Priyo Widyanto turut hadir di lokasi untuk meredam amarah kepolisian.

- Pukul 07.40 WIB
Polisi akhirnya membuka paksa beton yang sebelumnya dipasang Jasa Marga untuk meredakan emosi massa yang meletup akibat penutupan itu. Terminal bayangan pun kembali diaktifkan. Pihak Jasa Marga tidak ada di lokasi saat pembukaan paksa dilakukan oleh kepolisian.

- Pukul 08.30 WIB

Arus lalu lintas kembali lancar. Warga akhirnya membuka akses tol Jatibening setelah terminal bayangan dibuka kembali.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com