Jasa Marga Diminta Bangun "Rest Area" Mini di Tol Jatibening

Kompas.com - 27/07/2012, 15:11 WIB
Penulis Sandro Gatra
|
EditorHeru Margianto

JAKARTA, KOMPAS.com — PT Jasa Marga diminta membangun rest area resmi di KM 8 Tol Jakarta-Cikampek atau tepatnya di kawasan Jatibening, Bekasi. Langkah itu untuk mengakomodasi kepentingan banyak pihak yang bergantung pada terminal bayangan di Jatibening.

Hal itu dikatakan Yudi Widiana Adia, anggota Komisi V Dewan Perwakilan Rakyat dari Fraksi PKS di Jakarta, Jumat (27/7/2012), menyikapi aksi blokade tol oleh ratusan warga pagi tadi setelah pihak Jasa Marga menutup terminal bayangan di kawasan Jatibening.

Yudi mengatakan, keberadaan terminal bayangan itu memang melanggar Peraturan Pemerintah Nomor 15 Tahun 2005 tentang Jalan Tol BAB V Pasal 41 Ayat 1e. Ayat itu menyatakan bahwa jalan tol tidak digunakan untuk keperluan menaikkan atau menurunkan penumpang, barang, atau hewan. Pengemudi angkutan umum juga tidak boleh melayani naik dan turun penumpang di jalan tol.

Selain melanggar peraturan, kata politisi dari daerah Pemilihan Jawa Barat IV itu, kegiatan menaikkan dan menurunkan penumpang di jalan tol sangat membahayakan penumpang serta menyebabkan kemacetan. Namun, masyarakat membutuhkan akses naik dan turun penumpang itu.

Untuk itu, perlu dibangun rest area meskipun kecil. "Dengan demikian, kegiatan turun-naik penumpang di ruas tol KM 8 Jatibening tidak mengganggu kelancaran arus kendaraan dan tentunya lebih aman," kata Yudi.

Seperti diberitakan, warga sempat membakar satu mobil operasional milik Jasa Marga dan memblokade ruas tol tersebut. Aksi itu dilakukan karena tidak ada sosialisasi yang dilakukan Jasa Marga atas penutupan yang dilakukan dini hari tadi.

Polisi akhirnya membuka paksa beton yang sebelumnya dipasang Jasa Marga untuk meredakan emosi massa yang meletup akibat penutupan itu. Terminal bayangan pun kembali diaktifkan. Pihak Jasa Marga tidak ada di lokasi saat pembukaan paksa dilakukan oleh kepolisian.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.