Kompas.com - 27/07/2012, 16:49 WIB
|
EditorLaksono Hari W

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Jasa Marga Tbk (JSMR) mendapatkan laba bersih sebesar Rp 925,13 miliar sepanjang semester I tahun 2012. Perolehan ini mengalami kenaikan 30,15 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Jasa Marga membukukan keuntungan Rp 710,83 miliar selama enam bulan pertama tahun lalu. Corporate Secretary Jasa Marga Oke Marlina menjelaskan, kenaikan laba tahun ini disebabkan oleh kenaikan tarif tol pada akhir tahun lalu dan laba tambahan dari penjualan saham di PT Citra Marga Nusa Pala Tbk (CMNP).

"Laba perseroan ditopang oleh imbas dari kenaikan tarif tol yang kami berlakukan sejak akhir tahun lalu serta menerima laba tambahan dari hasil penjualan saham di CMNP," kata Oke, Jumat (27/7/2012) di Jakarta.

Oke menuturkan, khusus untuk pendapatan tol, terjadi peningkatan sebesar 17,92 persen dari Rp 2,29 triliun menjadi Rp 2,69 triliun. Adapun volume transaksi meningkat 11,52 persen menjadi 583,86 juta kendaraan.

Dalam penjualan saham di CMNP, Jasa Marga telah menjual seluruh saham treasury dan kepemilikan saham di CMNP. Hasil penjualan treasury itu mencapai Rp 130,82 miliar dan akan menambah ekuitas perseroan. Adapun hasil penjualan saham CMNP akan menambah ke pendapatan perseroan mencapai Rp 146,96 miliar.

Dalam semester ini juga, tiga anak perusahaan Jasa Marga, yaitu PT Transmarga Jatim Pasuruan yang mengelola jalan tol Gempol-Pasuruan, PT Margabumi Adhikaraya yang mengelola jalan tol Gempol-Pandaan, serta PT Jasa Marga Bali Tol pengelola jalan tol Nusa Dua Ngurah Rai-Benoa, telah mampu mendapatkan sindikasi pinjaman bank dengan besaran masing-masing Rp 1,94 triliun, Rp 817 miliar, dan Rp 1,7 triliun. Sindikasi perbankan ini meliputi beberapa bank, yaitu Bank Mandiri, BNI, BRI, BCA, BTN, Bank BPD Bali, Bank DKI, Bank Jabar Banten, serta Bank BPD Jatim. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.