Kompas.com - 27/07/2012, 17:49 WIB
|
EditorTri Wahono

JAKARTA, KOMPAS.com — PT Jasa Marga Tbk akan membuat ring Jatibening, jalur khusus bus untuk menurunkan penumpang di tol Jatibening. Hal itu menyusul kisruh demo pemblokiran tol Jatibening tadi pagi.

Direktur Utama Jasa Marga Adityawarman menjelaskan, perseroan berkomitmen untuk mengurai kemacetan di tol Jatibening tersebut. Salah satunya dengan membuat jalur khusus sebagai pengganti terminal bayangan di Tol Jatibening.

"Kami tadi berdiskusi dengan Wali Kota Bekasi. Kami sepakat untuk membuat satu jalur untuk bus dari arah Jakarta ke Bekasi, yang harus ke luar ke ring Jatibening sehingga nanti bus bisa menurunkan dan menaikkan penumpang di sana. Jadi, tidak di tol lagi," kata Adityawarman di Jakarta, Jumat (27/7/2012).

Bus yang sudah keluar jalur ring Jatibening ini tidak dikenakan biaya lagi untuk masuk ke Tol Jatibening. Dengan demikian, Jasa Marga memiliki konsekuensi untuk menambah jalur di arterinya.

Hal ini pun menurut Adityawarman tidak akan melanggar undang-undang karena telah menaikkan dan menurunkan di jalan tol, tetapi bisa dilakukan di jalur arteri tersebut.

"Nanti kita meminta Wali Kota Bekasi untuk membantu menertibkan jalur tersebut," tambahnya.

Sejumlah warga menutup akses Tol Jatibening pagi tadi sebagai protes atas tindakan Jasa Marga menutup akses naik-turun penumpang dengan beton dan pagar besi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Penutupan akses pintu tol itu berujung pada pembakaran sebuah kendaraan operasional milik PT Jasa Marga Tbk.

Padahal, penutupan akses sebagai bagian dari penertiban kawasan Tol Jatibening untuk kelancaran lalu lintas. Jasa Marga tidak ingin membiarkan pelanggaran terjadi dengan menaikkan dan menurunkan penumpang di sekitar Km 8 ruas Tol Jatibening.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.