Sriwijaya Air Klaim Penerbangan Lancar

Kompas.com - 22/08/2012, 16:18 WIB
|
EditorAna Shofiana Syatiri

JAKARTA, KOMPAS.com - Sriwijaya Air disebut Posko Lebaran Kementerian Perhubungan sebagai maskapai yang paling banyak mengalami keterlambatan jadwal kedatangan di Bandara Soekarno-Hatta. Namun Senior Manager Corporate Communication Sriwijaya Air Agus Soedjono mengklaim kondisi penerbangan maskapai Sriwijaya Air sejauh ini dalam keadaan lancar.

"Alhamdulillah lancar. Hanya ada beberapa delay (keterlambatan) kecil," sebut Agus ketika dihubungi Kompas.com, Rabu (22/8/2012).

Agus memang mengakui ada keterlambatan penerbangan yang dialami Sriwijaya Air selama periode mudik Lebaran. Namun, ia mengatakan, keterlambatan itu sifatnya kecil.

Artinya, waktu keterlambatan tidak sampai empat jam. Kalaupun ada delay, kata dia, pihak maskapai telah mengantisipasi sesuai dengan aturan yang ada. Misalnya, keterlambatan penerbangan selama 30 menit, maka maskapai akan memberikan makanan ringan kepada penumpang.

"Itu sudah kita atasi," ujar dia.

Oleh sebab itu, ia pun tidak bisa memberikan keterangan lebih lanjut terkait rilis yang dikeluarkan oleh Kementerian Perhubungan pada Selasa (21/8/2012) kemarin. Rilis tersebut menyatakan bahwa Sriwijaya Air adalah maskapai yang paling banyak mengalami keterlambatan jadwal kedatangan di Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng. Ada lima penerbangan dengan tujuan Jakarta yang telat.

Menanggapi hal itu, Agus pun menuturkan, seharusnya rilis tersebut memberitahukan nomor penerbangan yang mengalami keterlambatan. Dengan begitu, pihak maskapai bisa dengan mudah menelusuri dan memberikan keterangan.

"Masalahnya, rilisnya yang delay yang mana. Itu benar nggak datanya," ucapnya.

"Ini nggak bisa di-tracing karena nggak bisa disebut," simpul Agus.

Menurut pantauan Posko Angkutan Lebaran Terpadu 2012, ada 11 jadwal penerbangan yang mengalami delay jadwal kedatangan di Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, pada H+1 atau Selasa (21/8/2012) kemarin. Maskapai yang mengalami delay adalah Batavia Air, Sriwijaya Air, Lion Air, Citilink, dan Indonesia AirAsia. Keterlambatan itu terlihat sepanjang pemantauan Posko yakni dari pukul 08.00 WIB sampai 18.00 WIB.

Maskapai Batavia Air, misalnya, mengalami keterlambatan kedatangan domestik paling lama dari maskapai lainnya, yakni penerbangan Y6-0584 dari Bandar Udara Minangkabau, Padang, menuju Bandara Soekarno-Hatta selama 2 jam 39 menit.

Keterlambatan paling singkat yakni Lion Air JT-0347 dari Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang dengan 32 menit dari jadwal semula. Sementara Sriwijaya Air adalah maskapai yang paling banyak mengalami keterlambatan jadwal kedatangan di Bandara Soetta. Ada lima penerbangan dengan tujuan Jakarta yang telat.

 

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X