Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dicari Kaum Muda Kreatif Atasi Masalah Lingkungan

Kompas.com - 27/08/2012, 11:32 WIB
Ester Lince Napitupulu

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -- Yayasan Pembangunan Berkelanjutan mencari anak muda berusia 15-24 tahun yang punya gagasan dan ide kreatif untuk menjawab tantangan pembangunan berkelanjutan, khususnya masalah perubahan iklim. Program bertajuk Smart Leaders diselenggarakan sebagai ajang bagi kaum muda untuk mewujudkan ide-ide kreatif mereka menjadi aksi nyata sebagai solusi untuk memperbaiki kualitas alam dan kualitas hidup manusia.

Climate-Smart Leaders for Sustainable Cities Climate, Annye Meilani menjelaskan, untuk tahun ini, fokus tema yang diangkat adalah kota yang berkelanjutan (sustainable cities). Kota, dengan segudang kesempatan memiliki daya tarik tersendiri bagi masyarakat.

Berdasarkan informasi dari Badan Kesehatan Dunia (WHO), saat ini diperkirakan jumlah penduduk kota di seluruh dunia meningkat 60 juta orang setiap tahun. Diperkirakan, pada pertengahan abad ke-21 jumlah penduduk kota akan dua kali lebih besar dari sekitar 3,4 miliar orang pada tahun 2009 menjadi 6,4 miliar pada tahun 2050. Pertumbuhan paling besar akan terjadi di negara berkembang, termasuk Indonesia.

Di balik kesempatan dan harapan akan hidup yang lebih baik, seperti akses yang lebih baik, kesempatan kerja yang tinggi, hiburan yang beragam, dan daya tarik lainnya, kota menyimpan berbagai permasalahan yang harus segera diatasi. Persoalan tata kota, akses air bersih dan sanitasi, pendidikan, kesehatan, kualitas lingkungan, transportasi, gaya hidup, kemiskinan, dan lain-lain, perlu diatasi dengan serius.

"Terjadinya perubahan iklim yang memengaruhi semua aspek kehidupan di perkotaan seperti pangan, kesehatan, lingkungan, dan lain-lain juga harus segera diatas," kata Annye. Senin (27/8/2012).

Menurut Annye, dibutuhkan ide-ide kreatif dan energi baru yang positif untuk memperbaiki situasi yang sangat rumit ini. Kaum muda, sebagai bagian penting dari kota adalah salah satu aktor kunci yang menentukan ke mana arah pembangunan di perkotaan dan bagaimana pembangunan tersebut dilaksanakan.

Informasi mengeni program ini dapat dilihat pada laman Climate Smart Leaders. Akan dipilih 24 orang finalis untuk mengikuti rangkaian program CSL 2012.

Pemenang dari program ini akan mendapat hadiah berupa seed fund untuk pengembangan proyek dan Piala Penghargaan Emil Salim Bagi Generasi Muda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com