Undip Wajibkan Mahasiswa Baru Tanam Pohon

Kompas.com - 27/08/2012, 17:27 WIB
EditorCaroline Damanik

JAKARTA, KOMPAS.com - Universitas Diponegoro Semarang mewajibkan seluruh mahasiswa baru tahun ajaran 2012/2013 untuk membawa bibit pohon yang akan digunakan sebagai upaya penghijauan kawasan kampus tersebut. Suharto menjelaskan, setiap mahasiswa baru tahun ajaran ini memang diwajibkan membawa bibit pohon sebagai bentuk komitmen dalam gerakan penghijauan, terutama dalam komitmen memelihara kampus agar nyaman dan lestari.

Menurutnya, kewajiban membawa bibit pohon itu disosialisasikan untuk menumbuhkan keswadayaan di seluruh kalangan sivitas akademika, termasuk mahasiswa untuk membangun kampus yang nyaman sebagai tempat bekerja dan belajar.

"Tanaman untuk penghijauan ini akan bersama-sama kita tanam pada bulan Oktober mendatang. Pada bulan Agustus-September bukan musim menanam, tetapi memelihara. Karena itu, penanaman bibit pohon ini akan dilakukan secara serentak pada Oktober mendatang agar hasilnya lebih maksimal," kata Rektor Undip, Sudharto P. Hadi, usai upacara penyambutan mahasiswa baru Undip, di Semarang, Senin (27/8/2012).

Sambil menunggu Oktober datang, lanjutnya, bibit-bibit pohon yang telah terkumpul tersebut sementara disimpan di sejumlah tempat, seperti kawasan rumah susun sederhana sewa (Rusunawa) dan GOR Undip. Mengenai titik-titik penanaman bibit pohon tersebut, Sudharto mengatakan, masih banyak lokasi di kawasan kampus Undip Tembalang seluas 180 hektar itu yang masih gersang sehingga perlu dihijaukan.

"Misalnya, kawasan samping Masjid Undip, di kampus-kampus diploma 3 (D3) akan ditanami pohon. Yang jelas, beberapa koridor kampus Undip yang selama ini masih gersang akan ditanami pohon agar hijau," katanya.

Bibit pohon yang terkumpul diperkirakan mencapai 11.000 pohon jika dilihat dari total mahasiswa baru tahun ini, mulai dari program doktor, magister, sarjana, hingga diploma, sementara program sarjana ada sekitar 7.000 mahasiswa. Berdasarkan data Undip, jumlah mahasiswa baru tahun ajaran 2012/2013 mencapai 11.587 orang, terdiri atas 7.716 mahasiswa program sarjana, 1.660 mahasiswa diploma, sisanya program doktor, magister, spesialis, dan profesi.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X