Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bergaya Hidup Sehat dan Punya Asuransi Sama Pentingnya

Kompas.com - 29/08/2012, 10:52 WIB

KOMPAS.com - Bagi beberapa orang, memiliki asuransi sudah menjadi kebutuhan utama. Sebagian orang ini bahkan bisa memiliki 8-12 polis asuransi per individu. Kesadaran akan pentingnya merencanakan keuangan dan masa depan dengan asuransi, sudah tinggi pada kalangan ini. Namun, banyak juga kalangan yang enggan berasuransi, karena punya pengalaman buruk dengan agen asuransi atau perusahaan asuransi itu sendiri, juga karena ketidakpahaman mengenai pentingnya asuransi.

Sebagian orang lagi juga beranggapan, untuk apa asuransi kesehatan? Toh, kita bisa menjaga kesehatan agar terhindar dari berbagai penyakit apalagi penyakit kritis.

Edukasi mengenai asuransi memang perlu ditingkatkan. Hal ini diakui Bambang Rudijanto, Direktur Sequis Life, dalam kegiatan temu media di Jakarta, beberapa waktu lalu.

"Ke depan fokus utamanya adalah memberikan penekanan edukasi ke nasabah dan khalayak, berupa seminar, talkshow risiko penyakit kritis, dan gaya hidup sehat," kata Bambang dalam paparannya.

Dengan semakin teredukasi, harapannya masyarakat pun lebih memahami bahwa asuransi memang dibutuhkan namun menjaga kesehatan sama pentingnya.

Menurut Bambang, pemegang polis pun perlu terus menjaga kesehatannya. Namun, dengan memiliki polis asuransi setidaknya seseorang punya jaminan atas ketidakpastian usia dan kesehatan. Inilah sebabnya polis asuransi dibutuhkan setiap individu.

"Asuransi dipakai saat kondisi darurat saja, paling tidak memiliki polis asuransi menjadi tindakan preventif. Meski begitu, menjalankan gaya hidup sehat tak kalah pentingnya," jelasnya.

Apa pentingnya asuransi dalam hal ini yang memberikan proteksi terhadap penyakit kritis? Salah satu alasan yang disebutkan Bambang adalah, di usia tua, seseorang yang tergolong sehat pada masa mudanya, juga berisiko terancam penyakit degeneratif. Investasi kesehatan di hari tua menjadi alasan yang disebutkan mengenai pentingnya memiliki polis asuransi yang mencakup proteksi atas penyakit kritis.

Bagaimana dengan Anda? Seberapa penting asuransi bagi keluarga?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com