Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sambut APEC, Bali Pun Berbenah

Kompas.com - 14/09/2012, 15:39 WIB
Ni Luh Made Pertiwi F

Penulis

TUBAN, KOMPAS.com – Dari Masterplan Percepatan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI) Koridor 5, pariwisata mendapatkan Rp 21,5 triliun dari total nilai sebesar Rp 123 triliun. Sebesar Rp 71 triliun alokasi dana untuk pembangunan infrastruktur.

“Sebagian besar pembangunan infrastruktur ada di Bali, karena menyambut sebagai tuan rumah APEC tahun depan,” kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Mari Elka Pangestu saat jumpa pers sebelum Rapat Koordinasi Koridor 5 (Bali dan Nusa Tenggara) MP3EI di Tuban, Bali, Kamis (13/9/2012).

Ia menuturkan rapat koordinasi tersebut untuk memastikan proyek-proyek yang sudah disepakati apakah sudah on-track. Pengembangan infrastruktur di Bali tersebut antara lain perluasan bandara, jalanan underpass, dan pelabuhan Tanjung Benoa.

“Target sebagian besar harus sudah jadi pertengahan tahun depan, acara APEC di bulan Oktober 2013,” kata Mari.

Sementara di Lombok, proyek yang terkait pariwisata adalah Mandalika. Ia mengungkapkan Mandalika dikembangkan menjadi resor terintegrasi seperti BTDC (Bali Tourism Development Centre). Sedangkan di Nusa Tenggara Timur adalah pembangunan Trans Timor.

“Pariwisata penting untuk menyumbang devisa dan menyumbang ekonomi,” katanya.  

Menurut Menparekraf, industri pariwisata terus meningkat walaupun di tengah krisis ekonomi global. Mari menambahkan, Beyond Bali merupakan konektivitas antara Bali, Lombok (NTB), dan NTT.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com